Tempat Bersejarah

Mistis! Jangan Coba-coba Tidur di Masjid Tiban ini

HIDAYATUNA.COM – Kita pasti sering mendengar kisah tentang masjid tiban atau masjid yang tiba-tiba muncul tanpa tahu siapa yang membangun. Kali ini kita akan mengulas kisah mistis di Masjid Tiban Lasem yang berada di Jawa Tengah.

Masjid ini terletak di Desa Gedongmulyo, Kecamatan Lasem, Rembang Jawa Tengah ini diperkirakan adalah peninggalan Sunan Bonang.

Sunan Bonang yang bernama Raden Maulana Makdum Ibrahim adalah salah satu dari Wali Songo atau 9 Wali penyebar Islam di Tanah Jawa. Beliau adalah putra dari Sunan Ampel Surabaya.

Sunan Bonang adalah orang yang pertama kali membangun desa Bonang dari sebelumnya adalah sebuah hutan belantara, menjadi tempat yang ramai penduduk.

Nurhadi Rangkuti dari Balai Arkeologi Yogyakarta dalam artikelnya berjudul ‘Mengulik Situs Sunan Bonang’menyebutkan bahwa desa Bonang pernah menjadi salah satu wilayah yang cukup padat.

Hal ini terbukti dari temuan sekitar 145 sumur kuno di desa tersebut yang diduga dibangun pada masa sunan bonang.

Selain sumur-sumur sebagai sumber mata air, saat itu sunan bonang juga membangun masjid sebagai pusat kegiatan ibadah. Konon masjid ini dibangun sunan bonang hanya dalam satu malam, sehingga oleh masyarakat disebut dengan Masjid Tiban, atau masjid yang tiba-tiba ada.

Suyoto, seorang sesepuh Desa Gedongmulyo bercerita, bahwa di tempat imam berdiri sekarang, terdapat sebuah batu pasujudan yang cukup besar seukuran untuk sholat.

Di atas batu tersebut ada bekas telapak tangan dan kaki. Namun batu itu terpaksa ditutup keramik, karena harus menyesuaikan dengan pemerataan lantai.

Cerita Mistis Masjid Tiban

Abdul Karim Imam Masjid Tiban Lasem bercerita bahwa sering terjadi keanehan di masjid tersebut, Pernah ada sebuah Al-Quran yang diletakkan di pojok dalam Mmsjid dan tiap dilihat dengan mata telanjang maka mata yang melihat akan menjadi buram.

Baca Juga :  Masjid Sunan Ampel dan Kedalaman Makna disetiap Arsitekturnya

Abdul Karim menekankan agar jika ingin masuk masjid ini maka niatkan benar-benar niat untuk beribadah, jangan tidur ataupun sekedar tertidur di dalamnya.

Sering terjadi peristiwa ketika seseorang yang tidur di dalam Masjid Tiban, ia mendadak berteriak-teriak meminta tolong. Bahkan ada yang sampai tergulung tikar alas tidur dan berpindah posisi di depan Masjid Tiban. Subhanallah

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close