Minoritas Muslim Investasi Produk Halal di Thailand Alami Peningkatan

 Minoritas Muslim Investasi Produk Halal di Thailand Alami Peningkatan

Festival Belanja Muslim akan digelar di London (Ilustrasi/Hidayatuna)

HIDAYATUNA.COM, Teheran – Pertumbuhan jumlah minoritas Muslim yang berinvestasi di Thailand meningkat di negara ini, khususnya di bidang yang terkait dengan pembiayaan Islam. Selain pariwisata di pasar halal, negara ini juga berusaha mencari posisi yang menguntungkan. 

Negara-negara Asia Timur dan Tenggara, telah berupaya untuk mengalihkan ekonomi mereka dari ketergantungan pada produk-produk seperti karet dan minyak ke jasa dan industri. Mengingat populasi Muslim yang besar di kawasan Asia ini, membuat negara-negara berusaha menarik modal. Terutama di bidang-bidang seperti produk halal dan pariwisata halal, hal ini dilakukan untuk menggunakan potensi tinggi mereka. 

Thailand, sebagai salah satu negara terpenting di bidang pariwisata, berusaha mencari tempatnya di pasar halal. Selain wisata halal, bidang pembiayaan syariah juga menjadi salah satu sektor yang sedang berkembang di negeri ini. 

Saat ini, sistem pembiayaan Islam dan perbankan Islam diterima sebagai bidang baru di pasar keuangan publik di Thailand. Dalam beberapa tahun terakhir, kemajuan telah dibuat dalam produk dan layanan keuangan yang ditawarkan, yang sejalan dengan kebiasaan Islam di Thailand.

Titik Balik Pembiayaan Islam

Titik balik penting dalam bidang pembiayaan syariah di Thailand adalah ketika Islamic Bank of Thailand Act (BE, 2545) disahkan pada tahun 2002 dan Islamic Bank of Thailand didirikan. Setelah itu, banyak perusahaan yang berpartisipasi dalam menciptakan produk keuangan yang cocok untuk investor Muslim. 

Tentu saja, layanan pembiayaan syariah di Thailand tidak terbatas pada layanan perbankan. Sejak 2011, Muang Thai Life Insurance (Asuransi Jiwa Muang Thai) terus menawarkan produknya di bidang pembiayaan syariah, yang terpenting adalah Takaful. 

Takaful Company menawarkan asuransi jiwa dan kecelakaan diri masyarakat (2018) bekerjasama dengan Islamic Bank of Thailand untuk menerbitkan Takaful Savings. Layanan yang menyediakan tabungan dan perencanaan asuransi jiwa jangka panjang. Ini mirip dengan asuransi tabungan konvensional tetapi tanpa risiko melanggar hukum syariah. 

Isu-isu ini menunjukkan bahwa meskipun pertumbuhan layanan pembiayaan syariah di Thailand tidak sepenting di negara lain seperti Indonesia dan Malaysia. Namun, tentu ada banyak ruang dan potensi untuk pertumbuhan di sektor-sektor seperti perbankan dan pasar Takaful. 

 

 

Sumber : https://iqna.ir/id/news/3476265/pembiayaan-islam-di-thailand-dan-potensial-5-muslim

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

sixteen + 13 =