Cancel Preloader

Menilik The Mother Mosque, Masjid Tertua dan Bersejarah di Amerika

 Menilik The Mother Mosque, Masjid Tertua dan Bersejarah di Amerika

Menilik The Mother Mosque, Masjid Tertua dan Bersejarah di Amerika

Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM – Seperti masjid kuno di belahan dunia lain ini, Masjid Induk Amerika di Cedar Rapids telah mengalami sejumlah perubahan identitas dalam sejarahnya. Dibangun pada tahun 1934 oleh imigran Suriah Raya (dari Suriah dan Lebanon modern, di bekas Kekaisaran Ottoman). Sebagian besar bangunan terbuat kayu. Bangunan tersebut konon juga pernah dijual pada awal 1970-an setelah masjid yang lebih besar dibangun pada kota.

Selama bertahun-tahun gedung tersebut pernah difungsikan sebagai pusat pengungsi Kamboja, klub sosial untuk pemuda lokal dan gereja. Hingga akhirnya tahun 1992, ketika Dewan Islam Negara Bagian Iowa membeli bangunan tersebut dan memulihkan statusnya sebagai masjid.

Masjid yang merupakan peninggalan umat Muslim terdahulu di Amerika itu adalah bangunan pertama yang dirancang dan dibangun secara khusus sebagai rumah ibadah bagi Muslim Amerika, dan merupakan masjid tertua di Amerika.

Masjid Induk Amerika itu juga telah ditambahkan ke Daftar Tempat Bersejarah Nasional pada tahun 1996, mewakili “titik awal yang penting untuk perkembangan Islam sebagai agama yang mapan di Amerika Serikat” dan “melambangkan toleransi dan penerimaan Islam dan Muslim” di Amerika.

Saat ini, masjid dapat menampung sekitar 50 orang. Pihak pengelola masjid juga telah membeli sebidang tanah seluas 95 kaki persegi untuk membangun pusat penelitian dan memberikan layanan terkait bagi anggota masyarakat dan pengunjung, menurut Imam Taha Tawil.

Dilihat dari gaya arsitektur Masjid Induk ini, dua fitur yang paling mencolok adalah jendela kaca patri dan kubahnya. Ini adalah fitur visual yang membuat masjid berbeda dari rumah-rumah di lingkungan yang tenang itu.

Jendela kaca patri terlihat sangat tradisional dan indah, tidak jauh berbeda dengan yang ada di gereja Kristen. Tapi mehrab di bagian atas jendela ini adalah ciri khas masjid. Mehrab adalah ceruk di dinding sebuah ruangan di sebuah masjid yang menunjukkan arah Mekah, yang menjadi kiblat umat Islam di seluruh dunia.

Redaksi

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

two × 5 =