Menikah Lama Tapi Belum Dikaruniai Momongan? Amalkan Doa Ini

 Menikah Lama Tapi Belum Dikaruniai Momongan? Amalkan Doa Ini

Doa mendapat momongan (Ilustrasi/Hidayatuna)

Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM – Memiliki momongan memang bukan perkara mudah. Ada pasangan yang sudah lama menikah namun belum juga dikaruniai buah hati.

Meski begitu, usaha untuk memiliki momongan harus tetap dilakukan, salah satunya dengan berdoa. Adapun doa yang bisa diamalkan agar segera diberikan keturunan ialah terdapat dalam surat al-Anbiya’ ayat 89.

Doa ini diangkat dari kisah Nabi Zakaria yang mengalami cobaan yaitu belum memiliki momongan setelah puluhan tahun. Berikut doanya:

رَبِّ لَا تَذَرْنِيْ فَرْدًا وَ أَنْتَ خَيْرُ الْوَارِثِيْنَ

Robbi laa tadzar nii fardan wa anta khoirul waaritsiin

Artinya:

“Ya Tuhanku, janganlah Engkau biarkan aku hidup seorang diri (tanpa keturunan) dan Engkaulah ahli waris yang terbaik.” (QS.Al-Anbiya’ [21]:89)

Pada ayat tersebut Allah mengarahkan perhatian Nabi Muhammad Saw dan umatnya kepada kisah Nabi Zakaria. Hal ini tertulis dalam tafsir Tahlili terbitan Alquran Kementerian Agama.

Oleh karena ia tidak mempunyai momongan, maka ia merasa kesepian. Ia tidak mempunyai seorang pun keturunan yang akan menggantikan dan melanjutkan perjuangannya bila ia telah meninggal dunia.

Lalu Nabi Zakaria berdoa kepada Allah SWT. agar Dia tidak membiarkannya hidup tanpa momongab. Pada akhir ayat ini disebutkan ucapan Nabi Zakaria setelah ia mengucapkan doanya itu.

Lalu ia berkata, “Dan Engkau adalah ahli waris yang paling baik?” Maksudnya ialah bahwa apabila Allah menghendaki tidak akan menganugerahkan momongan kepadanya. Ia pun rela dan tidak berkecil hati karena ia yakin bahwa Allah akan tetap memelihara agamanya.

Ia juga tidak akan menyia-nyiakan agamanya, dan Allah tentu akan memilih orang yang paling tepat sebagai pengganti Zakaria setelah wafatnya. Kisah ini telah dibahas lebih luas dalam Surah Ali Imran dan Surah Maryam.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

10 + 5 =