Mengucapkan Kalimat Tahmid dan Zikir Ketika di Kamar Mandi

 Mengucapkan Kalimat Tahmid dan Zikir Ketika di Kamar Mandi

Kandungan Air Zamzam Berbeda dengan Air Biasa (Ilustrasi/Hidayatuna)

HIDAYATUNA.COM – Mengucapkan kalimat tahmid dan zikir ketika di dalam kamar mandi atau toilet dalam Islam hukumnya tidak dibenarkan. Di antaranya seperti kalimat hamdallah, subhanallah, Allahu Akbar, bahkan bismillah, dan sebagainya.

Namun bagaimana sebenarnya hukumnya menyebut nama Allah SWT. dalam kalimat tahmid atau zikir ketika di kamar mandi? Bagaimana jika sedang wudhu, apakah tetap dilarang meskipun hanya berdoa dalam hati?

Dianjurkan bagi seseorang untuk mengingat Allah sebelum memulai wudhu, yaitu sebelum memasuki kamar mandi dan setelah meninggalkannya.

Peneliti hukum di Dewan Ulama Senior Al Azhar Mesir, Syekh Abu Al Yazid Salamah, menjelaskan bahwa beberapa ahli hukum berbeda pendapat tentang masalah ini. Beberapa dari mereka percaya bahwa menyebut nama Allah SWT. harus dilakukan sebelum memasuki kamar mandi dan setelah meninggalkannya.

Pendapat lain menyakini bahwa Allah SWT. boleh disebutkan secara rahasia karena mereka melihat bahwa ini bukan waktu kosongan yang dibicarakan Rasulullah. Ditambah kamar mandi masa kini telah menjadi tempat yang bersih karena aliran air melaluinya.

Para ulama lainnya memakruhkan penyebutan nama Allah SWT. di kamar mandi, yakni saat seseorang sedang wudhu. Akan tetapi hanya sebatas dibaca di hatinya tanpa menggerakkan bibirnya.

Meski begitu, ada juga ulama yang membolehkan menggerakan bibir saat membaca bismillah dalam kondisi itu, meski tidak direkomendasikan.

Adapun jika seseorang memiliki salinan Alquran atau kertas dengan penyebutan Allah SWT. di dalam tasnya, hendaknya orang tersebut meninggalkannya di luar kamar mandi. Tetaoi jika dia takut kehilangannya, orang itu boleh memasukkannya ke dalam tas atau saku yang jauh dari najis.

Demikian hukumnya mengucapkan doa atau kalimat tahmid dan zikir ketika di dalam kamar mandi. Dibolehkan mengucapkannya ketika berwudhu namun hanya dibaca di dalam hati. Wallahu’alam.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *