Cancel Preloader

Mengenang 98 Tahun Wafatnya KH Ahmad Dahlan

 Mengenang 98 Tahun Wafatnya KH Ahmad Dahlan

Ilustrasi/Hidayatuna

Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Tepat pada tanggal 23 Ferbruari 2021 kali ini genap 98 tahun sudah, Nusantara kehilangan ulama besar yakni KH Ahmad Dahlan. Beliau adalah pendiri organisasi Islam Muhammadiyah.

KH Ahmad Dahlan wafat pada tanggal 23 Februari 1923. Di mana beliau meninggal di usia 54 tahun.

Semasa hidupnya, Ahmad Dahlan telah banyak menyumbangkan pemikiran pembaharuannya untuk umat Islam di tanah air. Lahir di Yogyakarta, Ahmad Dahlan pernah menjadi murid langsung Syekh Kholil Bangkalan.

Ayahnya bernama K.H. Abu Bakar, yang tak lain adalah ulama sekaligus khatib Masjid Kesultanan Yogyakarta. Ahmad Dahlan sendiri adalah putra keempat dari tujuh bersaudara.

Dalam kiprahnya untuk bangsa Indonesia, pendiri Muhammadiyah ini telah diangkat sebagai Pahlawan Nasional. Berkat organisasi yang ia dirikan pada 1912 silam, KH Ahmad Dahlan telah berkontribusi besar terhadap kemajuan pendidikan di Indonesia.

Setelah Muhammadiyah berdiri pada 18 November 1912, Kiai Ahmad Dahlan tak segan merogoh sakunya sendiri untuk membiayai kegiatan Muhammadiyah.

Ia bahkan tidak ragu melelang berbagai barang kesayangannya termasuk 3 setel baju yang dimiliki supaya bisa membiayai kegiatan sekolah. Suatu kali karena sudah tidak ada lagi yang bisa dilelang, Kiai Ahmad Dahlan meminjam uang.

Hal ini sebagaimana yang dikenang oleh cicit Kiai Ahmad Dahlan, yakni Haris Darmawan Zuhair kesempatan diskusi daring yang diunggah di kanal youtube 21 Agustus 2020.

Disitu, Haris Darmawan Zuhair menceritakan, “Pernah Kiai mengundang orang-orang kaya untuk meminjam uangnya, dikira mereka untuk kepentingan pribadi Kiai, ternyata untuk membangun sekolah.”

Sebagai anak seorang ulama untuk dua Kesultanan (Solo dan Yogyakarta), KH. Ahmad Dahlan sebetulnya punya harta benda yang berkecukupan. Apalagi ia punya usaha kain batik yang penjualannya mencapai negeri Filipina.

Romandhon MK

Romandhon MK

Peminat Sejarah Pengelola @podcasttanyasejarah

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

three × 3 =