Cancel Preloader

Mengenal Sanad Keilmuan Abuya Dimyathi Cidahu di Bidang Ilmu Qira’at

 Mengenal Sanad Keilmuan Abuya Dimyathi Cidahu di Bidang Ilmu Qira’at
Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Pakar filologi Islam, Ahmad Ginanjar Sya’ban mengungkap fakta baru tentang sosok ulama besar Sunda, KH. Muhammad Dimyathi b. Muhammad Amin atau dikenal dengan Abuya Dimyathi Cidahu.

Menurut Ginanjar, selain memiliki kepakaran dalam bidang keilmuan fikih, alat, dan tasawuf, sosok Abuya Dimyathi Cidahu juga memiliki kepakaran dalam bidang ilmu qira’at al-Qur’an.

“Kepakaran Abuya Dimyathi Cidahu dalam bidang ilmu qira’at al-Qur’an ini tercermin dari salah satu karya beliau, yaitu al-Tabsyîr fî Sanad al-Taisîr,” ungkap Ginanjar Sya’ban dalam tulisannya yang diunggah di akun Facebooknya, dikutip Hidayatuna.com, Sabtu (19/9/2020).

Sebagaimana tersirat dari judulnya, risalah “al-Tabsyîr” memuat transmisi keilmuan dan genealogi intelektual (sanad periwayatan) Abuya Dimyathi Cidahu atas ilmu Qira’at Tujuh (al-Qirâ’ât al-‘Sab’ah) dari kitab “al-Taisîr fî al-Qirâ’ât al-Sab’ah” karya seorang ulama besar ilmu qira’at al-Qur’an dunia Islam yang hidup di abad ke-5 Hijri, yaitu al-Imâm Ibn ‘Amr al-Dânî (w. 444 H/ ).

Dalam pengantarnya, Abuya Dimyathi Cidahu menulis:

(Ammâ ba’du. Maka berkatalah Muhammad Dimyathi anak dari Muhammad Amin al-Bantani. Tidak diragukan lagi bahwa ibadah yang dapat medekatkan kita kepada Allah, ibadah yang terbilang sangat penting, ibadah yang paling dianjurkan setelah ibadah-ibadah wajib adalah menekuni ilmu pengetahuan, berdzikir, dan juga membaca al-Qur’an di setiap waktu).

Dikatakan oleh Abuya Dimyathi, bahwa setiap amalan harus memiliki pondasi ilmu pengetahuan yang kokoh. Karena itu, menuntut ilmu wajib hukumnya bagi seorang Muslim.

Abuya Dimyathi sendiri belajar ilmu qira’at al-Qur’an dari Kiyai Dalhar Watucongol (Magelang, Jawa Tengah, w. 1959), yang terkenal sebagai salah satu ulama besar pada zamannya.

Di kemudian hari, Abuya Dimyathi mengajarkan ilmu qira’at al-Qur’an kepada anak-anak dan santri-santri beliau. Hal ini sebagaimana ditulis oleh Abuya Dimyathi dalam pengantar risalah “al-Tabsyîr”.

(Aku mengajarkan kepada anak-anakku dan kolega-kolegaku kitab “al-Taisîr” karangan Imam Abû ‘Amrû ‘Utsmân al-Dânî, seorang guru besar bidang ilmu qira’at al-Qur’an dalam qira’at tujuh [qira’ah sab’ah], juga nazhaman atas kitab “al-Taisîr” yang berjudul “Hirz al-Amânî wa Wajh al-Tihânî” karya Imam al-Syâthibî, yang juga dikenal dengan kitab “al-Manzhûmah al-Syâthibiyyah al-Lâmiyyah” yang disusun dalam bahr [metrum puisi Arab] “thawîl”)

Guru mengaji ilmu qira’at Abuya Dimyathi Cidahu, kata Ginanjar adalah KH. Dalhar Watucongol, mengambil jalur transmisi intelektual (sanad) keilmuan dalam bidang ini dari Syaikh Muhammad Mahfûzh b. ‘Abdullâh al-Tarmasî al-Jâwî al-Makkî (Syaikh Mahfuzh Tremas, w. 1920), seorang ulama besar madzhab Syafi’i yang mengajar di Makkah dan berasal dari Tremas, Pacitan, Jawa Timur.

“Seorang sahabat, Muhammad Abid Muaffan sang santri kelana, memperlihatkan kepada saya naskah kitab ini beberapa waktu yang lalu,” ujar Ginanjar.

Berikut ini sanad lengkap ilmu qira’at Abuya Dimyathi yang berhasil dihimpun Ginanjar Sya’ban sebagaimana terdapat dalam “al-Tabsyîr”:

(Maka aku [Abuya Dimyathi Cidahu] berkata: aku meriwayatkan kitab-kitab karangan Aku meriwayatkan kitab-kitab karangan Imam Abû ‘Amrû al-Dânî, di antaranya adalah kitab ini, yaitu “al-Taisîr”, juga kitab-kitab karangan Imam Syâthibî, di antaranya adalah kitab “al-Manzhûmah al-Syâthibiyyah”, juga kitab-kitab karangan Imam Ibn al-Jazarî, di antaranya adalah kitab “al-Nasyr”, yaitu dari (1) Syaikh Muhammad Nahrâwî b. Syaikh ‘Abd al-Rahmân yang terkenal dengan nama Syaikh Dalhar Magelang (Kiyai Dalhar Watucongol), beliau dari (2) Syaikh Muhammad Mahfûzh al-Tarmasî al-Makkî (Syaikh Mahfuzh Tremas), beliau dari (3) Syaikh al-Muqrî Muhammad al-Syarbînî, beliau dari (4) Syaikh Ahmad al-Lakhbûth, beliau dari (5) Syaikh Muhammad Syathâ, beliau dari (6) Syaikh Hasan b. Ahmad al-‘Awâdilî, beliau dari (7) Syaikh Ahmad b. ‘Abd al-Rahmân al-Basyîhî, beliau dari (8) Syaikh ‘Abd al-Rahmân al-Syâfi’î, beliau dari (9) Syaikh Ahmad b. ‘Umar al-Isqâthî, beliau dari (10) Syaikh Sulthân b. Ahmad al-Mazâjî, beliau dari (11) Syaikh Saif al-Dîn ‘Athâ al-Fudhâlî, beliau dari (12) Syaikh Syahhâdzah al-Yamanî, beliau dari (13) Nâshir al-Dîn al-Thablâwî, beliau dari (14) Syaikh al-Islâm Zakariyâ al-Anshârî, beliau dari (15) Syaikh Abû al-Na’îm Radhawât al-‘Uqbî, beliau dari (16) Syaikh Muhammad b. Muhammad al-Jazarî, pengarang kitab “al-Nasyr”, beliau dari (17) Syaikh Abû Muhammad ‘Abd al-Rahmân b. Ahmad b. ‘Alî al-Baghdâdî al-Syâfi’î, beliau dari (18) Syaikh Abû ‘Abdillâh Muhammad b. Ahmad b. ‘Abd al-Khâliq al-Shâigh, beliau dari (19) Abû al-Hasan ‘Alî b. Syujâ’ al-Mishrî al-Syâfi’î, beliau dari (20) Imam Abû Muhammad Qâsim al-Syâthibî, pengarang kitab “al-Syâthibiyyah”, beliau dari (21) Abû al-Hasan ‘Alî al-Andalusî, beliau dari (22) Syaikh Abû Dâwûd Sulaimân, beliau dari (23) Syaikh Abû ‘Amrû ‘Utsmân al-Dânî, pengarang kitab “al-Taisîr”)

Sang pengarang kitab “al-Taisîr”, yaitu Syaikh Abû ‘Amrû al-Dânî, mengambil transmisi keilmuan dari (24) Syaikh Thâhir b. Ghalbûn, beliau dari (25) Abû al-Hasan ‘Alî b. Dâwûd al-Hâsyiimî, beliau dari (26) Syaikh Abû al-‘Abbâs al-Asynânî, beliau dari (27) Abû Muhammad ‘Ubaid b. al-Shabbâh, beliau dari (28) Imam Hafsh, beliau dari (29) Imam ‘Âshim, beliau dari (30) Abdullâh b. Habîb al-Sulamî, beliau dari (31) Sahabat ‘Abdullâh b. Mas’ûd, beliau dari (32) Rasulullah SAW. (Hidayatuna/MK)

Redaksi

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

twenty + 3 =