Mengenal Pohon Cedar Pohon Sakral Ikon Negara Lebanon

 Mengenal Pohon Cedar Pohon Sakral Ikon Negara Lebanon

Mengenal Pohon Cedar Pohon Sakral Ikon Negara Lebanon


HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Setiap bangsa atau negara memiliki ikon unik yang disakralkan. Jika di Indonesia punya Burung Garuda sebagai ikon negara, berbeda dengan di Lebanon. Di negeri ini memiliki ikon sebuah tumbuhan bernama pohon cedar, yakni pohon sakral yang dijadikan ikon di bendera negara Lebanon.

Lantas apa makna sakral dan filosofis pohon cedar sehingga terpilih menjadi lambang negara dengan ibu kota Beirut tersebut. Dari berbagai sumber yang dihimpun tim redaksi Hidayatuna.com menyebutkan bahwa pohon cedar merupakan jenis pohon yang dimagiskan oleh masyarakat Lebanon sejak puluhan tahun silam.

Seperti apa keistimewaan tanaman ini? Negeri Cedar itulah julukan untuk Lebanon. Dimana ikon negeri tersebut menggunakan simbol pohon Cedar.

Pohon ini dianggap sakral karena disebutkan sebanyak 36 kali dalam Perjanjian Lama dan Baru. Selain itu, pohon ini memiliki keistimewaan berupa usia yang panjang.

Disebutkan bahwa pohon cedar bisa berusia hingga ratusan tahun. Karena saking legendarisnya pohon tersebut, rakyat Lebanon menjadikan pohon cedar sebagai ikon untuk lambang bendera nasional mereka.

Pohon cedar memiliki nama lain yakni cedrus libani. Pohon ikoni ini rata-rata tumbuh secara eksklusif membentang di sepanjang di Gunung Lebanon. Dengan usia tumbuhan yang bisa mencapai ratusan tahun, tingkat cabang pohon cedar bisa membentuk mahkota-mahkota padat berbentuk datar.

Dilansir Amusingplanet.com, kulit pohon cedar berwarna gelap keabu-abuan namun kayunya dapat memunculkan cahaya yang indah. Serta bertekstur keras dan sangat tahan pada proses pembusukan.

Getahnya mengeluarkan aroma manis, dan meskipun posisi mereka terpapar banyak sinar matahari, pohon-pohon ini selalu hijau subur dan mengeluarkan aroma harum. Orang-orang sampai mengatakan bahwa Allah sendiri yang menanam pohon ini.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

5 + eleven =