Mengenal Gelar Al-Qanuni Bagi Sultan Sulaiman I

 Mengenal Gelar Al-Qanuni Bagi Sultan Sulaiman I

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Abad 16 tampaknya menjadi era kecemerlangan bagi dinasti Ottoman atau Turki Usmani. Dimana saat itu ada sosok pemimpin besar bernama Sultan Sulaiman I.

Sosok besar ini bahkan memiliki banyak julukan di literatur sejarah dunia Barat. Antara lain ia dikenal sebagai Solomon the Magnificient. Ia juga disebut sebagia Solomon the Great.

Namun dari sederet julukan besar yang disandangnya, gelar yang paling populer tersemat di dirinya yakni al-Qanuni. Dalam sejumlah literatur babon tentang sejarah dirinya dikenal dengan sebutan Sulaiman al-Qanuni.

Lantas apa dan mengapa ia mendapatkan gelar tersebut? Hal itu tak lepas dari hasil kontribusi besarnya dalam bidang hukum saat memimpin tiga benua selama 45 tahun.

Sebagamana diketahui, saat memimpin Ottoman Sultan Sulaiman I ini banyak membuat undang-undang kenegaraan yang dalam fase perkembangannya banyak dijadikan rujukan dalam tata kelola negara.

dari situlah, gelar al-Qanuni kemudian melekat pada nama besarnya. Sebab, dirinya adalah sosok yang berjasa dalam menyusun dan mengkaji sistem undang-undang Kesultanan Turki Usmani.

Tak hanya menyusun, Sultan Sulaiman I juga secara konsisten dan tegas menjalankan undang-undang itu. Dengan undang-undang yang ia cetuskan itu, Sulaiman sukses memimpin dartaan Eropa, Persia, Afrika, serta Asia Tengah.

Selain bidang hukum, ia juga membawa kemajuan besar dalam bidang militer. Saat di bawah kepemimpinannya, pasukan militer Turki merupakan pasukan militer paling tangguh dan termodern pada masanya.

Sisi lain dari sosok al-Qanuni ini adalah ia seorang penguasa yang merakyat. Baginya, setiap rakyat di Kesultanan Usmani memiliki hak sama.

Tak ada pemberadaan pangkat dan derajat. Kebebasan dan toleransi menjalankan kehidupan beragama pun dijunjung tinggi.

Maka wajar, jika kemudian selama di bawah kekuasaannya umat Islam, Nasrani serta Yahudi dapat hidup berdampingan dengan aman dan damai. (Hidayatuna/MK)

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *