Kabar Nasional

Menag Bangga Singkawang Jadi Kota Paling Toleran

HIDAYATUNA.COM, Singkawang — Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi mengaku bangga atas capaian kota Singkawang sebagai kota paling toleran. Hal itu ia sampaikan saat membuka acara puncak Festival Cap Gomeh 2020 di Kota Singkawang di Ponpes Ushuluddin usai membuka acara puncak Festival Cap Gomeh 2020 di Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Sabtu (8/2) kemarin.

“Saya bangga Singkawang menjadi kota paling toleran. Dan tentunya saya yakin itu berkat peran adik-adik santri,” kata Fachrul Razi dikutip Ahad (9/2/2020).

Dirinya menilai seorang santri pasti memiliki pengetahuan yang baik tentang agama. Pengetahuan itu hendaknya dapat diaplikasikan para santri dalam kehidupan antar umat beragama. Salah satu ajaran yang disampaikan oleh agama adalah toleransi.

“Seluruh agama pasti mengajarkan tentang sikap toleran. Maka jika pemeluknya tidak toleran, pasti ada yang salah dengan pemahamannya. Bukan salah agamanya,” ujarnya.

Ia meminta para santri-santri yang ada di pondok pesantren dapat menjadi agen yang mengkampanyekan tentang kerukunan umat beragama.

Menag pun berharap santri dapat menjadi contoh wujud islam rahmatan lil ‘ alamin yang menghargai perbedaan. “Seperti firman Allah, bahwa kita diciptakan berbeda-beda untuk lita’arafu. Saling kenal mengenal,” sambungnya.

Sementara itu, Pengasuh ponpes Ushuluddin KH Bujang Rasnie menyambut baik kedatangan Menag. Ia bercerita ini adalah kali ketiga Menteri Agama hadir di tengah santri ponpes yang telah berusia 45 tahun ini. “Pertama kali Menteri Agama datang ke pondok pesantren ini pada tahun 1987. Kala itu Menag Munawir Sjadzali yang hadir,” ujarnya.

Baca Juga :  PBNU Islamkan Warga Negara Malaysia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close