Cancel Preloader

Mempersiapkan Diri Menyambut Ramadhan

 Mempersiapkan Diri Menyambut Ramadhan

Mengasah Alat Perang (Ilustrasi/Hidayatuna)

Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM – Bulan Ramadhan merupakan bulan yang sangat mulia dan penuh dengan ampunan. Oleh karena itu, sudah selayaknya kita mempersiapkan diri untuk menghadapi bulan suci Ramadhan yang akan datang sebentar lagi.

Mempersiapkan diri baik dari segi lahir ataupun batin, supaya bulan Ramadhan pada tahun ini lebih berkesan dan lebih bermakna daripada tahun kemarin.

Walaupun masih dalam situasi pandemi seperti sekarang, hendaknya kita tidak patah semangat dalam mengahadapi Ramadhan di tahun 2021 ini. Malahan seharusnya kita dalam menghadapi Ramadhan tahun ini harus lebih bersemangat, dan tidak hanya rebahan setiap harinya

Dengan beraktivitas badan kita tidak mudah terkena penyakit, hendaknya kita selalu menjaga kesehatan setiap harinya. Untuk mempersiapkan diri dalam menyambut bulan Ramadhan yang sebentar lagi, inilah yang perlu Anda lakukan.

1. Membersihkan Hati

Rasulullah Saw bersabdakan:

“Ketahuilah, sesungguhnya di dalam tubuh terdapat segumpal daging. Jika segumpal daging itu baik, maka baiklah seluruh tubuhnya, dan jika segumpal daging tersebut buruk, maka buruklah seluruh tubuhnya. Ketahuilah, segumpal daging itu adalah hati.” (HR Bukhari dan Muslim).

Hati yang bersih akan memberi dampak positif terhadap semua tindakan yang dilakukan oleh manusia. Dengan hati yang bersih kita akan lebih khusyu’ dalam beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Membersihkan hati baik dari rasa dendam, iri hati, dan sebagainya. Selalu berusaha memaafkan orang-orang yang pernah menyakiti kita, walaupun hal itu sulit bukan berarti tidak bisa dilakukan.

Juga belajar untuk mencoba memaafkan diri sendiri dengan cara menerima dan mensyukuri semua yang telah kita punya. Apabila sudah bisa memaafkan diri sendiri, maka kemudian cobalah belajar memaafkan orang lain.

2. Perbanyak Membaca Alquran

Alquran merupakan mukjizat Nabi Muhammad yang paling besar dan akan selalu terjaga kebenarannya hingga akhir zaman. Sebagaimana bulan Ramadhan sendiri merupakan bulan diturunkannya Alquran.

Allah SWT. berfirman dalam kitabnya:

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْقَانِۚ

Artinya:

“Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Alquran, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil)” (QS. Al-Baqarah {2}: 185).

Oleh sebab itu, di bulan yang penuh berkah ini yaitu bulan Ramadhan, hendaknya kita memperbanyak membaca Alquran. Hal ini dalam rangka memuliakan dan berlomba-loma dalam hal kebaikan.

Biasanya di masjid-masjid, pada saat Ramadhan akan ramai dengan suara-suara bacaan Alquran. Hal itu bisa menjadi dorongan kepada kita supaya memperbanyak membaca Alquran.

Dengan mendengarkan bacaan Alquran di masjid, kita bisa membaca bersama-sama dengan jemaah masjid lainnya. Berbeda apabila kita membaca Alquran di rumah, bisa saja kita akan mengantuk sebab membaca sendirian dan kurang dorongan teman.

3. Rutin Salat Sunah Malam

Salat sunah di malam hari merupakan suatu amalan yang sangat besar pahalnya. Seperti salat tahajud, witir dan hajad.

Akan tetapi banyak di antara kita yang sering lupa ataupun malas melaksanakannya. Baik karena tidurnya kemalaman, capek habis kerja ataupun hal lainnya.

Akan tetapi dengan datangnya bulan suci Ramahan, bagi orang-orang yang menjalankan puasa tentu kita akan melaksanakan sahur. Makan pada waktu dini hari yang disunahkan menjelang fajar sebelum sebelum subuh.

Kesempatan inilah yang tidak boleh kita lewatkan, momen sahur sekaligus untuk memperbanyak salat sunah malam secara rutin. Sepertihalnya pribahasa, “Sekali mendayung dua, tiga pulau terlampaui”, begitu juga di bulan Ramadhan ini.

Dengan kita bangun di waktu dini hari maka kita akan mendapatkan sunah makan sahur dan berhubung kita bangun di waktu dini hari, maka bisa sekalian melaksanakan salat sunah malam.

Begitu banyak pahala yang akan kita raih di bulan penuh berkah ini. Semoga menjadi awal keistiqamahan kita dalam mendekatkan diri kepada-Nya.

Kholil Chusyairi

Kholil Chusyairi

https://hidayatuna.com

Mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta dan Reporter di Intis Pers

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

one + twelve =