Mau Rezekimu Lancar? Hindari Ini

 Mau Rezekimu Lancar? Hindari Ini

4 Hal yang Menghambat Rezeki

Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM – Setiap orang tentu menginginkan rezeki yang mengalir dan berkah. Allah sebenarnya sudah menentukan rezeki masing-masing bagi hamba-Nya.

Meskipun begitu ada hal-hal yang yang dapat menjadi penyebab lancarnya rezeki ataupun membuatnya seret (menghambat rezeki).

Berikut adalah beberapa hal yang dapat menjadi penyebab terhambatnya rezeki Anda.

Tidur di Waktu Pagi

Sebagaimana dikatakan oleh Az-Zarnuji dalam Ta’lim Mutaallim bahwa jika ingin rezeki lancer adalah menghindari tidur pagi.

Rasulullah Saw. sebagaimana dikutip as-Suyuthi dalam al-Jami’ as-Shaghir sebagai berikut

الصُّبْحَةُ تَمْنَعُ الرِّزْقَ

Artinya: “Tidur pagi menyebabkan terhalangnya sebagian rezeki.”

Allah menjadikan pagi hari untuk bekerja dan menjadikan malam untuk beristirahat. Namun masih saja banyak manusia yang membolak-balikkannya, sehingga hal yang kurang baiklah yang di dapat.

Meninggalkan Salat

Penghambat rezeki selanjutnya adalah jarang salat. Takwa merupakan pembuka pintu rezeki, jarang salat berarti tidak takwa kepada Allah.

Sebagimana firman Allah Surat Al-Jumu’ah Ayat 10, bahwa salat merupakan hal wajib sehingga setelahnya diperbolahkan untuk mencari rezeki.

فَإِذَا قُضِيَتِ الصَّلَاةُ فَانْتَشِرُوا فِي الْأَرْضِ وَابْتَغُوا مِنْ فَضْلِ اللَّهِ وَاذْكُرُوا اللَّهَ كَثِيرًا لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُون

Artinya: “Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.”

Bermalas-malasan

Bermalas-malasan juga menjadi penghambat rezeki. Malas adalah pangkal kemiskinan, Allah tidak menyukai orang-orang yang malas.

Diriwayatkan dalam sebuah hadis “Allah mencela sikap lemah, tidak bersungguh-sungguh, tetapi kamu harus memiliki sikap cerdas dan cekatan, namun jika kamu tetap terkalahkan oleh suatu perkara, maka kamu berucap, ‘Cukuplah Allah menjadi penolongku, dan Allah sebaik-baik pelindung’.” (HR. Abu Dawud, hadis ini dinilai lemah oleh Al-Albani).

Islam mengajarkan pemeluknya untuk senantiasa bersemangat dan berusaha dalam megggapai rida Allah termasuk untuk memperoleh rezeki.

Berkhianat

Penghambat rezeki lainnya adalah sifat khianat. Ciri orang munafik yang diekspresikan dengan menyalahi janji dan apa yang telah dipercayakan kepadanya. Sifat demikian jika diterpakan dalam berbagai usaha dan pekerjaan tentu saja akan merugikan.

Perilaku tidak amanah membuat orang lain enggan untuk memberi pekerjaan atau mengajak Kerjasama. Misalnya pun ada yang memberi pekerjaan mungkin hanya sekali saja, karena dikecewakan sebab tidak sesuai yang diharapkan.

Semoga kita terhindar sifat dan perbauatan buruk yang dapat mengahmbat rezeki di atas serta dimudahkan dalam menggapai rida Allah.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

fifteen − four =