Masuk Daftar Bursa Caketum PBNU, Inilah Profil Gus Baha

 Masuk Daftar Bursa Caketum PBNU, Inilah Profil Gus Baha

Gus Baha (Ilustrasi/Hidayatuna)

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Sejumlah nama digadang-gadang masuk dalam bursa calon ketua umum (caketum) PBNU. Salah satu nama yang santer keluar adalah Gus Baha.

Nama KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau yang lebih dikenal Gus Baha baru-baru ini pun ramai diperbincangkan publik tanah air. Pasalnya, nama beliau kerap disebut-sebut masuk dalam daftar busa calon Ketum Umum periode 2022-2027.

Sebagaimana diketahui, Nadlatul Ulama (NU) dalam beberapa waktu ke depan akan menyambut Muktamar yang ke-34. Muktamar akan digelar pada 23-25 Desember 2021 secara zonasi yang akan dipusatkan di Bandar Lampung.

Lantas, seperti apa profil dari sosok Gus Baha? Berikut ini profil singkat dari KH. Ahmad Bahauddin Nursalim (Gus Baha) yang berhasil dihimpun redaksi dari berbagai sumber.

Gus Baha memiliki nama lengkap KH. Ahmad Bahauddin Nursalim. Beliau merupakan sosok ulama yang terkenal dengan kealimannya.

Lahir di Rembang, 29 September 1970, Gus Baha merupakan putra dari Kiai Nursalim yani pengasuh pondok pesantren Alquran di kota asalnya.

Gus Baha’, sejak kecil ia sudah diharuskan menghafal Alquran oleh sang ayah. Bahkan, beliau sudah khatam Al-Qur’an di usia yang masih sangat belia.

Ayahnya memerintah Gus Baha untuk belajar di pondok pesantren Al Anwar, Rembang dan berada di bawah didikan KH Maimoen Zubair. Sejak belajar di sana, Gus Baha terlihat memiliki minat yang besar dalam ilmu tafsir, hadits dan fiqih.

Meskipun sudah terkenal memiliki wawasan yang sangat luas sejak masih menjadi santri, namun Gus Baha tak pernah sombong dan tetap tampil sederhana. Penampilannya yang khas anak pesantren itu menjadi cirinya hingga kini.

Romandhon MK

Peminat Sejarah Pengelola @podcasttanyasejarah

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

10 − 7 =