Masjid Raya Denpasar Jadi Pusat Pembelajaran para Mualaf

 Masjid Raya Denpasar Jadi Pusat Pembelajaran para Mualaf

Ramadan Waktunya Menempa Diri Menuju Pribadi Qurani (Ilustrasi/Hidayatuna)

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Bagi yang ingin belajar tentang Islam, khususnya bagi Mualaf yang ingin belajar membaca Alquran. Masjid Raya Baiturrahman di jalan Ahmad Yani, Dusun Wanasari (Kampung Jawa), Desa Dauh Puri Kaja Kecamatan Denpasar Utara Kota Denpasar, Bali, menjadi pusat pembelajaran.

Menurut Ketua Umum Yayasan Masjid Baiturrahman, H Junaidi mengatakan Masjid Raya terbuka. Bagi siapa saja yang ingin belajar membaca Alquran, khususnya bagi Mualaf.

Pihaknya siap menuntun masyarakat yang baru masuk Islam untuk belajar membaca Alquran dan belajar ibadah.

“Banyak orang yang masuk Islam lewat ‘Muallaf Center’, tapi kami tidak biarkan begitu saja. Kami akan terus membina,” katanya dilansir dari Selasa (25/01/2022).

Selain pembinaan dalam beribadah, pihaknya juga mengupayakan adanya sertifikat, jika dibutuhkan.

“Kami juga menyiapkan Sertifikat Muallaf bagi pemeluk baru Islam. Karena persyaratan Kemenag untuk keperluan berumah tangga atau keperluan lainnya,” terangnya.

Selain Mualaf, masjid tersebut juga menerima masyarakat yang ingin belajar membaca Alquran.

“Barangkali ada masyarakat yang sudah tua tapi belum bisa membaca Alquran. Karena orang tuanya di masa lalu itu sibuk sehingga tidak sempat mendalami pendidikan Alquran. Kami siapkan ustaz khusus dengan metode baca cepat Alquran,” katanya.

“Jadi, kami siap melayani segala lapisan masyarakat untuk menimba ilmu agama di masjid raya yang berkapasitas 3.000-an orang. Dari lantai 1 hingga 3. Alhamdulillah, masjid raya ini selalu ramai dalam setiap waktu salat,” tambahnya.

Romandhon MK

Peminat Sejarah Pengelola @podcasttanyasejarah

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

ten + thirteen =