Cancel Preloader

Masjid-Masjid di India Jadi Bangsal untuk Korban Covid-19

 Masjid-Masjid di India Jadi Bangsal untuk Korban Covid-19

Masjid Tionghoa (Ilustrasi/Hidayatuna)

Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM, New Delhi – Badai Covid-19 yang menyerang banyak warga India baru baru ini memicu rumah sakit penuh. Hal ini menyebabkan banyak pasien Covid-19 tidak bisa tertampung secara baik.

Untuk mengatasi hal itu, komunitas Islam di India memanfaatkan sejumlah masjid dan madrasah untuk digunakan sebagai bangsal. Di tempat ini akan diberikan fasilitas perawatan Covid-19.

Sebagaimana diketahui bahwa lonjakan infeksi virus Corona di India sungguh mengejutkan public dunia. Tercatat lebih dari 300 ribu orang setiap harinya sejak 22 April, yang telah sangat membebani sistem kesehatan negara.

“Kondisi ini menyebabkan kekurangan tempat tidur rumah sakit, oksigen, dan obat-obatan penting,” kata Kepala Sekolah, Mufti Arif Abbas dilansir dari TRT World, Sabtu (1/5/2021).

Ia menjelaskan, di negara bagian Gujarat Barat, pengelola yang menjalankan Darul Uloom di kota Vadodara telah menciptakan fasilitas perawatan Covid yang terdiri dari – tempat tidur yang dilengkapi oksigen – dan bangsal isolasi di dalam madrasah.

“Kasusnya meningkat dengan cepat dan permintaan tempat tidur rumah sakit sangat besar. Kami memutuskan membuka fasilitas tersebut karena kami ingin membantu orang,” sambungnya.

Abbas menyebutkan bahwa fasilitas tersebut telah berjalan sejak Ahad lalu. “Kami telah mampu memberikan perawatan kepada banyak orang,” tambah Abbas.

Sebagian masjid di Vadodara juga telah diubah menjadi fasilitas Covid. “Kami telah menyewa dokter untuk mengelola 50 tempat tidur,” ujar Irfan Sheikh sebagai salah satu anggota komite Masjid Jahangirpura.

Irfan mengatakan masjidnya dilengkapi dengan fasilitas oksigen. Ia merasa prihatin dengan pandemi yang melanda negerinya.

“Situasi di sekitar memaksa kami untuk mengambil langkah,” jelasnya.

Romandhon MK

Romandhon MK

Peminat Sejarah Pengelola @podcasttanyasejarah

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

2 × three =