Masjid Katubao Filipina Adopsi Konsep Masjid Kudus

 Masjid Katubao Filipina Adopsi Konsep Masjid Kudus

Masjid Katubao Filipinab Adopsi Konsep Masjid Kudus (Ilustrasi/Hidayatuna)

HIDAYATUNA.COM, Katubao – Masjid Ar-Rahman di Katubao, Filipina, mengadopsi konsep bangunan Masjid Kudus, Jawa Tengah. Di mana atap sengaja dibangun bersusun tiga yang melambangkan Iman, Islam dan Ikhsan.

Menurut keterangan pers Konsulat Jenderal RI Davao City pada Kamis (11/11), masjid tersebut diresmikan dengan nama Masjid Ar-Rahman. Peresmian dilakukan oleh Konsul Jenderal RI Davao City, Dicky Fabrian.

Masjid yang memiliki luas area 46,25 M2 itu terletak di Katubao, Provinsi Sarangani yang berjarak sekitar 240 km dari Davao, Filipina. Katubao merupakan kawasan pemukiman muslim Filipina.

Masjid tersebut dibangun oleh warga Indonesia yang bermukim di Katubao. Mulai dibangun sejak 27 Februari 2021 di atas tanah yang sebelumnya berupa musala. Masjid Ar-Rahman bisa menampung kurang lebih 70 jamaah.

Acara peresmian Masjid dilanjutkan dengan pembagian sembako. Tahap ketiga kepada 96 warga Indonesia yang rentan dan terdampak pandemi Covid-19 di wilayah Kiamba dan sekitarnya.

Sebagai informasi, masjid masjid di Indonesia memiliki corak khas. Desain bangunan dan gaya arsitektur masjid-madjid di Indonesia ini yang membedakan dengan masjid di kawasan Timur Tengah.

Romandhon MK

Peminat Sejarah Pengelola @podcasttanyasejarah

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

one + 20 =