Masjid Istiqlal; Dibangun Sukarno, Diresmikan Soeharto dan Direnovasi Jokowi

 Masjid Istiqlal; Dibangun Sukarno, Diresmikan Soeharto dan Direnovasi Jokowi

Masdi Istiqlal; dibangun Sukarno, Diresmikan Soeharto dan Direnovasi Jokowi

HIDAYATUNA.COM – Masjid Istiqlal merupakan salah satu bangunan ikonik dan bersejarah bagi bangsa Indonesia. Masjid ini merupakan simbol keagungan bagi bangsa Indonesia karena mayoritas masyarakatnya beragama Islam. Selain itu juga menjadi simbol keberagaman dan pluralisme karena dibangun berdekatan dengan gereja dan dikelola penuh dengan toleransi.

Masjid yang mampu menampung 200.000 orang dimulai pembangunannya serta peletakan batu pertama oleh Presiden Soekarno pada 24 Agustus 1961. Sebenarnya rencana pembangunan masjid ini sudah dimulai sejak tahun 1950, diawali dengan pembentukan panitia sampai pelaksanaan sayembara arsitektur bangunan.

Masjid Istiqlal berdiri di bekas Taman Wilhelmina, timur laut lapangan Medan Merdeka. Memiliki luas area kawasan 91.629 meter persegi (belum termasuk area sungai) dan luas bangunan mencapai 80.948 meter persegi.

Pembangunan masjid ini memakan waktu cukup lama dan beru selesai dibangun pada tahun 1978. Peresmian Masjid Istiqlal dilakukan pada masa Orde Baru dan dipimpin langsung oleh Presiden Soeharto pada tanggal 22 februari 1978. Acara peresmian ketika itu dilakukan dengan sangat megah dan meriah.

Sejak berdirinya, Masjid Istiqlal banyak dikunjungi oleh tokoh-tokoh besar dunia, antara lain mantan presiden Amerika Serikat (AS) Bill Clinton pada 1994, mantan presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad, dan mantan presiden Libya Muammar Gaddafi.

Kemudian ada Pangeran Inggris Charles, Kanselir Jerman Angela Markel, mantan wakil ketua Partai Komunis China Yuanchao, mantan presiden Chile Sebastián Piñera, hingga mantan presiden Austria Heinz Fischer, serta Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz pada Maret 2017.

Tercatat setelah kunjungan Presiden AS presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama bersama istrinya, Michelle mengunjungi Masjid Istiqal pada November 2010 banyak wisatawan asing yang kemudian berkunjung.

Semakin Megah Pasca Renovasi

Setelah 42 tahun berdiri, Masjid Istiqlal akhirnya direnovasi tahun 2020. Renovasi di era Presiden Joko Widodo ini merupakan renovasi pertama dan dilakukan secara besar-besaran dengan biaya Rp475 miliar. Pekerjaan yang dilakukan dalam renovasi ini meliputi penataan kawasan, pekerjaan struktur, arsitektur, mechanical electrical plumbing (MEP), lighting, interior, dan signage.

Berikut penampakan Masjid Istiqlal setalah direnovasi:

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

six + eighteen =