Masjid Hagia Sophia akan Menghadap Dua Kiblat Sekaligus

 Masjid Hagia Sophia akan Menghadap Dua Kiblat Sekaligus

Masjid Hagia Sophia akan Menghadap Dua Kiblat Sekaligus

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Setelah Majelis Negara Turki membatalkan kebijakan Mustafa Kemal Ataturk yang mengalihfungsikan bangunan bersejarah Hagia Sophia menjadi museum, kini bangunan bersejarah tersebut secara resmi bisa digunakan untuk tempat beribadah umat Islam.

Keputusan penggunaan bangunan Hagia Sophia untuk shalat diumumkan langsung oleh Presiden Turki, Recep Tayyip Erdoğan.

Tapi taukah Anda, secara geografis ketika dilihat dari peta google (google map), Hagia Sophia bila digunakan untuk shalat, maka posisinya persis menghadap dua kiblat sekaligus. Yakni Al Aqsha dan Ka’bah.

Hal ini disampaikan oleh pengamat internasional Hasmi Bakhtiar. Ia menyebut posisi Hagia Sophia menghadap dua kiblat yakni Al Aqsha dan Ka’bah. Itulah mengapa lanjut dia, keberadaan Hagia Sophia istimewa.

“Alakulihal, Hagia Sophia telah kembali ke pangkuan umat Islam sebagai masjid. Ketika kita shalat di dalamnya maka kita menghadap ke dua kiblat, Al Aqsha dan Ka’bah. Istimewa memang, wajar menjadi rebutan,” tulisnya di akun twitter pribadinya @hasmi_bakhtiar dikutip Senin (13/7/2020).

Sebagai informasi, Hagia Sophia merupakan bangunan bersejarah di kota Istanbul. Pada masa penaklukan Ottoman tahun 1453, Hagia Sophia yang sebelumnya adalah sebuah gereja berubah fungsi menjadi masjid. Kemudian masuk era Mustafa Kemal Ataturk, bangunan ini dijadikan masjid.

Sementara itu untuk lokasi Al Aqsha terletak terletak di Palestina (Yerusalem Timur, wilayah kota tua). Dalam sejarahnya Masjid Al-Aqsa adalah Baitul Maqdis, yaitu kiblat pertama umat Muslim sebelum Ka’bah.

Sedangkan Ka’bah yang merupakan kiblat utama umat Islam di seluruh dunia terletak di Makkah, Arab. Bila ditarik menggunakan garis bujur melalui google map, maka akan tampak jelas jika Hagia Sophia menghadap ke arah dua kiblat umat Islam, yakni Al Aqsa dan Ka’bah.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

eleven + four =