Masjid Agung Demak, Tempat Berkumpulnya Para Wali

 Masjid Agung Demak, Tempat Berkumpulnya Para Wali
Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM – Masjid Agung Demak merupakan salah satu masjid tertua yang ada di Indonesia yang terletak di kampung Kauman, kelurahan Bintoro, kecamatan Demak, Jawa Tengah.  Masjid ini didirikan oleh Raden Patah, yaitu raja pertama dari Kesultanan Demak bersama Walisongo atau Wali sembilan sekitar abad ke 15 Masehi. Masjid ini dipercaya sebagai tempat berkumpulnya para wali yang menyebarkan agama islam di Nusantara. Masjid Demak terbuat dari kayu jati yang ditopang oleh empat buah tiang raksasa atau saka guru. Konon keempat saka ini dibuat oleh para walisongo. Saka sebelah tenggara dibuat oleh Sunan Ampel, sebelah barat dibuat oleh Sunan Gunung Jati, sebelah barat daya dibuat oleh Sunan Bonang dan sebelah timur laut merupakan sumbangan Sunan Kalijaga.

            Serambi depan masjid Agung Demak berbentuk bangunan terbuka dengan tiang-tiang ukiran dengan bentuk menarik sebagai penyangganya. Disana juga terdapat dua bedug dengan ukuran 3,5 x 2,5 m. Masjid dengan arsitektur nusantara yang khas ini memiliki atap yang tak biasa, yaitu berupa 3 susun atap berbentuk limas segitiga sama kaki. Atap masjid ini memiliki makna yaitu bahwa seseorang yang beriman perlu menapaki tiga tingkatan penting, yaitu : imam, islam, ihsan[1].  Pada bagian depan, terdapat 5 buah pintu yang menghubungkan satu bagian dan bagian lainnya, yang mana diharapkan mengingatkan setiap manusia akan adanya rukun islam yang lima, yakni syahadat, shalat, zakat dan haji. Keenam jendelanya pun melambangkan rukun iman yang enam[2].

Masjid Agung Demak hingga kini menjadi living monument penyebaran Islam di Nusantara. Di dalam komplek masjid Demak terdapat makam raja-raja Kesultanan Demak, termasuk diantaranya Sultan Fatah yang merupakan raja pertama dari Kesultanan Demak, di komplek ini juga terdapat museum masjid Agung Demak, yang berisikan berbagai hal mengenai riwayat masjid ini[3].


[1] https://www.indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/masjid-agung-demak-saksi-bisu-perkembangan-islam-di-tanah-jawa

[2] Ensiklopedia Seni dan Arsitektur Islam, Prof. Dr. Azyumardi Azra, M.A, Penerbit Erlangga

[3] https://id.wikipedia.org/wiki/Masjid_Agung_Demak

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

18 − 1 =