Malaysia Kecewa Dewan Keamanan PBB Gagal Perjuangkan Gencatan Senjata Palestina-Israel

 Malaysia Kecewa Dewan Keamanan PBB Gagal Perjuangkan Gencatan Senjata Palestina-Israel

Malaysia Kecewa Dewan Keamanan PBB Gagal Perjuangkan Gencatan Senjata Palestina-Israel

HIDAYATUNA.COM, Malaysia – Malaysia tidak sependapat dengan Amerika Serikat terkait gerakan perlawanan Palestina, Hamas.

Malaysia pada hari Minggu mengatakan pihaknya kecewa atas kegagalan Dewan Keamanan PBB untuk meloloskan resolusi gencatan senjata mengenai perang Israel melawan Jalur Gaza .

Rusia dan Tiongkok, dua dari lima anggota tetap Dewan Keamanan, pada hari Jumat memveto resolusi yang diusulkan AS yang mengaitkan gencatan senjata di Gaza dengan pembebasan warga Israel yang ditawan oleh Hamas.

“Resolusi yang diajukan AS tidak disetujui oleh Rusia dan China karena ada beberapa hal yang tidak menyentuh secara keseluruhan.

AS menggunakan kesempatan ini untuk menyebut Hamas sebagai teroris,” kata Menteri Luar Negeri Malaysia Mohamad Hasan seperti dikutip oleh kantor berita pemerintah Bernama.

“Malaysia tidak setuju jika Hamas diistilahkan sebagai teroris dan resolusi tersebut juga tidak menyebutkan bahwa warga Palestina boleh kembali ke kampung halamannya, melainkan menyebutkan bahwa sandera dari Hamas harus dikembalikan ke Israel,” ujarnya.

Rezim Israel telah melancarkan serangan militer mematikan di Jalur Gaza sejak operasi 7 Oktober oleh pejuang Hamas. Sekitar 250 warga Israel ditawan selama operasi tersebut.

Lebih dari 32.200 warga Palestina, sebagian besar perempuan dan anak-anak, telah terbunuh di Gaza, dan lebih dari 74.500 orang terluka selain menyebabkan kehancuran massal, pengungsian dan kondisi kelaparan. []

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *