Malaikat Jibril : Air Hujan adalah Obat Segala Penyakit

 Malaikat Jibril : Air Hujan adalah Obat Segala Penyakit
Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM – Air Hujan yang telah dibacakan ayat al-Quran ternyata dapat menjadi wasilah untuk menyembuhkan segala macam penyakit, baik medis maupun non medis.

Hal ini berdasarkan hal ini berdasarkan hadis Rasululllah SAW langsung dari Malaikat Jibril.

Keterangan ini terdapat dalam Kitab An-Nawadir karya Syaikh Syihabuddin al-Qolyubi, berikut teks lengkapnya :

رُوِيَ أَنَّهُ صَلى اللهُ عليهِ وسلم قَالَ: عَلَّمَنِي جِبْرِيلٌ دَوَاءً لَا أَحْتَاجُ مَعَهٌ إِلَى دَوَاءٍ وَلَا طَبِيْبٍ

Diriwayatkan bahwas Rasulullah SAW bersabda : “Suatu saat Jibril datang kepadaku dan mengajarkan kepadaku sebuah obat, setelah aku tahu obat itu aku tidak membutuhkan obat yang lain, bahkan tidak memerlukan dokter”

فَقَالَ أَبُو بَكْرٍ وَعُمَر وَعُثْمَان وَعَلِي رَضِيَ اللهُ عَنْهُمْ ; وَمَا هُوَ يَا رَسُولَ الله ؟ لَنَا حَاجَةٌ إَلَى هَذَا الدَّوَاء

Setelah mendengar perkataan Rasulullah SAW tersebut Abu Bakar, Umar, Utsman, dan sahabat Ali RA bertanya:
“Apa obat tersebut Wahai Rasulullah? Sesungguhnya kami sangat membutuhkan obat itu ?”

Surah yang dibaca

فَقَالَ ; يُؤْخَذُ شَيْئٌ مِنْ مَاءِ المَطَرِ وَتُتْلَى عَلَيْهِ فَاتِحَةُ الكِتَابِ ، وَسُوْرَةُ الإِخْلَاص ، وَالفَلَقْ ، وَالنَّاسْ ، وَآَية الكُرْسِي ، كُلّ وَاحِدَةٍ سَبْعِيْنَ مَرَّةً وَيُشْرَبُ غُدْوَةً وَعَشِيَّةً سَبْعَةَ أَيَّامٍ

Kemudian Rasulullah SAW bersabda : “Ambillah air hujan, lalu bacakanlah surat Al-Fatihah, surat Al-Ikhlas, surat Al-falaq, surat An-Nas dan Ayat Al-Kursi. Setiapnya (masing-masing surah) dibaca 70 kali. Setelahnya minum air tersebut pada pagi dan malam selama tujuh hari.

فَوَ الَّذِيْ بَعَثَنِيْ بِالْحَقِّ نَبِيًّا ، لَقَدْ قَالَ لِي جِبْرِيل ; إِنَّهُ مَنْ شَرِبَ مَنْ هَذَا المَاءِ رَفَعَ اللهُ عَنْ جَسَدِهِ كُلَّ دَاءٍ وَعَافَاهُ مِنْ جَمِيْعِ الأَمْرَاضِ وَالأَوْجَاعِ

Demi Dzat Allah SWT yang telah mengutusku sebagai Nabi, Sesungguhnya malaikat jibril telah berkata :
“Barang siapa yang meminum air tadi, maka Allah SWT akan menghilangkan segala penyakit yang ada dalam tubuhnya dan menyembuhkan dari segala rasa sakit.”

وَمَنْ سَقَيْ مِنْهُ اِمْرَأَتَهْ وَنَامَ مَعَهَا حَمَلَتْ بِإِذْنِ اللهِ تَعَالَى

“Dan siapa saja suami yang memberi minum istrinya dengan air tadi (sebanyak tujuh hari) dan tidur bersama istrinya (Jima’) niscaya istrinya akan hamil dengan izin Allah SWT.”

وَيَشْفِي العَيْنَيْنِ ، وَيُزِيْلُ اَلسِّحْرَ وَلَا يُحْصِى مَا فِيْهِ مِنَ اْلمَنَافِعِ إِلَّا الله تعالى

“Juga menyembuhkan dua mata yang sakit dan menghilangkan penyakit sihir. Begitu banyaknya faedah yang terdapat pada air hujan yang telah dibacakan surah tadi sehingga tidak ada yang menghitungnya kecuali Allah SWT.”

Berikut Tata Cara Mengamalkannya :

Dari Hadis diatas dapat kita simpulkan bahwa cara penggunaan air hujan untuk menyembuhkan penyakit adalah sebagai berikut :

  1. Ambil Secukupnya Air Hujan yang sekiranya cukup untuk diminum selama tujuh hari (2X sehari, pagi dan malam).
  2. Kemudian niat sesuai keinginan, misalnya sembuh dari penyakit atau agar mempunyai keturunan.
  3. Baca Al-Fatihah, surat Al-Ikhlas, surat Al-falaq, surat An-Nas dan Ayat Al-Kursi masing-masing dibaca 70 kali.
  4. Tiupkan ke air tersebut, ada juga ulama yang menganjurkan agar sembari membaca ayat tersebut jari-jari kita masukkan ke dalam air.
  5. Minum air tersebut pagi dan malam selama tujuh hari.

Wallahu ‘Alam

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

12 − 9 =