Cancel Preloader

Makhmudov, Konglomerat Muslim Rusia yang Terkenal Dermawan

 Makhmudov, Konglomerat Muslim Rusia yang Terkenal Dermawan

Konglomerat Muslim

Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Banyak kisah tentang para konglomerat muslim di dunia yang memiliki sifat dermawan dan kepedulian terhadap sesama. Salah satunya Iskander Makhmudov.

Konglomerat muslim asal Rusia itu memiliki jumlah kekayaan mencapai 6,9 miliar dolar AS versi laporan majalah Forbes. Dimana jumlah kekayaan itu merupakan jumlah total kekayaannya hingga 30 April 2019 silam.

Di Rusia sendiri, Iskander Makhmudov menduduki sebagai orang terkaya nomer 22 di seantero negeri Beruang tersebut. Dengan jumlah kekayaan yang melimpah, tak lantas membuat dirinya menjadi manusia kikir.

Sebaliknya, sosok Iskander Makhmudov terkenal sangat dermawan. Setidaknya dia telah menyumbangkan lebih dari 1 miliar dolar untuk berbagai tujuan filantropi termasuk membantu anak yatim piatu, veteran perang, tunawisma, dan klinik.

Tindakan kedermawanan Makhmudov patut diacungi jempol. Pasalnya apa yang dilakukan oleh Makhmudov ini merupakan sikap yang sangat dianjurkan dalam Islam.

Sosok Makhmudov sendiri ia adalah warga Rusia dari garis keturunan berdarah etnis Uzbek. Ia lahir pada 5 Desember 1963 di Bukhara, Uzbekistan.

Selain itu kedermawanan Makhmudov nampak ketika ia membantu Rusia selama transisi pasca jatuhnya Uni Soviet. Pada 2014, dia membangun arena es di Sochi untuk Olimpiade dan memberikannya kepada pemerintah secara gratis.

Sebagai seorang konglomerat, harta kekayaan yang ia peroleh ini merupakan buah kerja kerasnya selama ini. Sebelumnya, ia berasal dari keluarga yang serba kekuarangan.

Sebelum menjadi miliarder Makhmudov awalnya bekerja sebagai penerjemah. Dimana ia mencari nafkah dengan penerjemahkan bahasa Arab-Persia di Libya sekitar akhir tahun 1980-an.

Saat ini memiliki kepemilikan di berbagai industri transportasi, perusahaan pertambangan pedesaan, dan Wendy’s. Dia adalah lulusan Sarjana dari Tashkent State University.

Redaksi

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

five + 10 =