Lupa dalam Salat, Lakukan Ini

 Lupa dalam Salat, Lakukan Ini

Lupa dalam salat (Ilustrasi/Hidayatuna)

HIDAYATUNA.COM – Dalam beribadah, setan kerap kali menggoda hingga membuat kita lupa. Seperti halnya ketika salat, baik dari jumlah rakaat hingga bacaan salat itu sendiri.

Tidak heran sebab setan diciptakan memang untuk menggoda manusia untuk menguji seberapa imannya. Jangankan Anda yang hidup di zaman ini, bahkan di zaman Rasulullah pun, seorang sahabat datang mengadu pada Rasulullah Saw bahwa dirinya diganggu setan ketika tengah salat hingga membuatnya lupa.

Dikutip dari buku Talbis Iblis karya Ibnul Jauzi dengan pentahqiq Syaikh Ali Hasan al-Halabi, dinukilkan dalam riwayat Muslim dari Hadits riwayat Utsman bin Abil Ash Radhiyallahu Anhu, bahwa dia berkata:

أَتَى النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّ الشَّيْطَانَ قَدْ حَالَ بَيْنِي وَبَيْنَ صَلَاتِي وَقِرَاءَتِي يَلْبِسُهَا عَلَيَّ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ذَاكَ شَيْطَانٌ يُقَالُ لَهُ خَنْزَبٌ فَإِذَا أَحْسَسْتَهُ فَتَعَوَّذْ بِاللَّهِ مِنْهُ وَاتْفِلْ عَلَى يَسَارِكَ ثَلَاثًا قَالَ فَفَعَلْتُ ذَلِكَ فَأَذْهَبَهُ اللَّهُ عَنِّي

Utsman bin Abu Al ‘Ash datang kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam lalu bertanya; “Ya, Rasulullah! Aku sering diganggu setan dalam salat sehingga bacaanku menjadi kacau karenanya. Bagaimana itu?”

Maka bersabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam: ‘Ya, yang demikian itu memang gangguan setan yang dinamakan Khanzab. Oleh karena itu bila engkau diganggunya, maka segeralah mohon perlindungan kepada Allah dari godaannya, sesudah itu meludah ke sebelah kirimu tiga kali!’

Kata Utsman: ‘Setelah kulakukan yang demikian, maka dengan izin Allah godaan seperti itu hilang.’

Cara di atas bisa Anda praktikkan dalam salat ketika lupa jumlah rakaat ataupun bacaan. Adapun meludah tidak dilakukan sembarangan, yakni hanya sekadar simbol saja dengan membunyikan dan menggerakkan bibir sebagaimana ketika Anda hendak meludah. Sebab tempat yang suci seperti tempat salat haruslah dijaga kebersihannya.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

four × four =