Cancel Preloader

Lukman Hakim: Muhammadiyah Pengawal Cara Pandang Agama yang Moderat

 Lukman Hakim: Muhammadiyah Pengawal Cara Pandang Agama yang Moderat

LUKMAN HAKIM

Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Mantan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menilai bahwa Muhammadiyah merupakan representasi ormas Islam pengawal cara pandang, sikap dan praktik beragama yang moderat di Indonesia.

Hal itu disampaikan Lukman Hakim melalui unggahannya di akun Twitter pribadinya @lukmansaifuddin sebagaimana dikutip Hidayatuna.com, Jumat, 18 Desember 2020.

Selain itu, Menteri Agama Republik Indonesia periode 2014-2019 itu menyebut Muhammadiyah adalah sebagai organisasi Islam (ormas) paling modern di Indonesia.

“Sebagai ormas Islam ter-modern, @muhammadiyah adalah pengawal cara pandang, sikap, dan praktik beragama yang moderat di Indonesia,” tulis Lukman.

Pernyataan Lukman Hakim ini menanggapi sebuah artikel berjudul “Muhammadiyah dan Moderasi Beragama, Perspektif Islam Berkemajuan”. Disebutkan bahwa sebagai organisasi dengan distingsi ‘Islam berkemajuan’, Muhammadiyah adalah salah satu dari subyek kajian tentang Islam Indonesia yang paling banyak dikaji.

Kajian tentang Muhammadiyah banyak dilakukan oleh sarjana dan peneliti dalam dan luar negeri. Ini menyusul posisi Muhammadiyah sendiri sejak kelahirannya telah menampilkan moderasi beragama.

“Jelas moderasi beragama adalah salah satu karakter utama, yang membuat Muhammadiyah tidak hanya mampu bertahan, tetapi terus melangkah maju di tengah berbagai perubahan zaman yang menghadirkan beragam tantangan,” tulis laporan yang ditanggapi Lukman Hakim.

Memang, ada segelintir warga Muhammadiyah yang cenderung ketat atau konservatif pada satu pihak atau sebaliknya cenderung longgar pada pihak lain. Tetapi mayoritas Muhammadiyun tetap berada ‘di tengah’, memegang dan mengamalkan moderasi beragama.

Romandhon MK

Romandhon MK

Peminat Sejarah Pengelola @podcasttanyasejarah

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

2 + 14 =