Lubna, Perempuan Muslim Ahli Matematika Asal Kordoba

 Lubna, Perempuan Muslim Ahli Matematika Asal Kordoba

Lubna, Perempuan Muslim Ahli Matematika (Ilustrasi/Hidayatuna)

Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Peradaban besar Islam di tanah Spanyol memiliki peranan penting dalam memajukan ilmu pengetahuan. Hal ini ditandai dengan banyaknya ilmuwan yang lahir pada masa peradaban Islam tersebut.

Menariknya, para ilmuwan ini tidak hanya didominasi kalangan laki laki saja. Tetapi saat bersamaan muncul ilmuan ilmuan lain dari kalangan perempuan.

Salah satu ilmuwan perempuan muslim pada masa itu yang mencuri perhatian adalah sosok bernama Lubna. Dilansir dari akun Twitter Islam & Science menjelaskan sosok Lubna adalah ilmuwan perempuan muslim yang ahli di bidang ilmu matematika.

“Lubna dari Kordoba, ahli matematika Muslim abad ke-10 sangat ahli dalam ilmu eksakta,” tulis @IslamScienceNet dikutip Sabtu (22/5/2021).

“Perkenalannya yang luas dengan literatur umum memberinya pekerjaan penting sebagai sekretaris pribadi untuk Khalifah Umayyah di Spanyol Islam pada masa Al-Hakam II,” sambungnya.

Sebagai informasi, Lubna sendiri adalah putri asli Spanyol yang pada abad ke-10 yang tumbuh di lingkungan istana khalifah Abdurrahman III (931-961) dari Bani Umayah. Lubna dikenal sebagai sosok Muslimah yang banyak mempunyai peran dan bakat.

Lubna juga disebut sebagai perempuan yang penuh dedikasi tinggi terhadap buku perpustakaan pada masanya.

Situs almiraah menyebut, seorang penulis bernama Kamila Shamsie berpendapat bahwa ada alasan untuk tidak percaya tentang sosok Lubna yang disebutkan tersebut karena bisa jadi Lubna merupakan sosok perwujudan dari dua atau mungkin tiga wanita di Istana Cordoba saat itu.

Romandhon MK

Peminat Sejarah Pengelola @podcasttanyasejarah

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

13 + 12 =