Kabar Internasional

Lockdown Corona Dilonggarkan, Turki Buka Area dan Sarana Publik

HIDAYATUNA.COM – Dengan Turki yang semakin hari semakin melonggarkan aturan lockdown virus corona dan selain restoran-restoran dan kafe-kafe yang telah dibuka lebih dulu pada bulan kemarin.

Pada hari Senin pemerintah akhirnya lanjut membuka kembali sebagian besar area dan sarana publik lainnya di negara tersebut.

Area dan sarana-sarana publik yang dibuka kembali itu adalah taman, pantai, kolam renang, pusat kebugaran, perpustakaan, pusat penitipan anak, taman kanak-kanak, dan museum.

Pada hari itu, Pasar Grand Bazaar Istanbul yang berasal dari abad ke 15 dan sangat ikonik telah ikut dibuka kembali. Di masing-masing sektor publik, jutaan pekerja juga telah diperbolehkan untuk kembali bekerja.

Kendati demikian, khusus untuk aturan pembatasan pergerakan pada mereka yang telah berusia di atas 65 tahun dan di bawah 18 tahun, akan terus berlanjut.

Seperti yang diketahui, setelah ditutup hampir dua bulan lamanya karena lockdown corona, mal-mal, tempat pangkas rambut, dan salon rambut telah diizinkan untuk dibuka terlebih dahulu di seluruh Turki sejak awal bulan Mei lalu.

Dan walaupun hanya dibatasi untuk beberapa kota saja, jadwal penerbangan domestik juga telah diizinkan untuk berjalan kembali, dengan maskapai nasional milik Turkish Airlines telah terlihat memulai perjalanan pertamanya di awal bulan April lalu.

Namun, untuk penerbangan Internasional sendiri akan tetap ditangguhkan hingga tanggal 10 Juni mendatang.

Turki, dengan populasinya kurang lebih 83 juta jiwa, hingga saat ini telah mencatat lebih dari 4.580 kematian, dan lebih dari 165.500 kasus infeksi terkait virus corona.

Keberhasilan Tangani Covid

Dengan membanggakan keberhasilannya dalam menangani wabah COVID-19 dan juga mencegah negaranya menjadi pusat penyebaran dari virus tersebut.

Pemerintahan Presiden Recep Tayyip Erdogan, selama beberapa minggu terakhir ini secara bertahap terus melonggarkan aturan pembatasan yang diterapkan di negaranya.

Baca Juga :  Erdogan Akan Bersikap Tegas Terkait 'Deal of The Century'

Para pejabat disana pun mengatakan bahwa saat ini pandemi COVID-19 di Turki telah berada di bawah kendali.

Meski begitu mereka juga berulang kali tetap memperingatkan warganya untuk tetap menghormati dan menerapkan aturan social distancing dan juga mengenakan masker saat beraktivitas di luar rumah. (Aljazeera.com)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close