Lihat dari Sudut yang Lain

 Lihat dari Sudut yang Lain

Melihat dari sudut yang lain (Ilustrasi/Hidayatuna)

Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM – Kesenangan dan kesedihan tidak selamanya demikian, coba kita lihat dari sudut yang lain. Hal-hal yang membuat kita senang dan bangga atau sedih seperti kegagalan, bisa jadi membawa kita pada kesuksesan dan juga sebaliknya.

Sebagaimana dialami di jaman sahabat, yang mengajarkan kita untuk bisa memandang sesuatu dari sudut yang lain. Sahabat yang dikisahkan ketika mengalami kesenangan dan kebanggan saat itu ialah Sulaiman bin Abdul Malik.

Suatu kali, Sulaiman bin Abdul Malik, yang waktu itu menjadi Khalifah, pergi haji bersama sepupunya, Umar bin Abdul Aziz. Umar inilah yang kelak akan menjadi Khalifah.

Ketika melihat rakyatnya yang sangat banyak, Sulaiman berkata kepada Umar dengan nada bangga: “Wahai Umar, tidakkah engkau lihat betapa banyaknya jumlah rakyatku?”

Dengan tenang, Umar berkata: “Wahai Amirul Mukminin, sekarang mereka adalah rakyatmu, tapi esok mereka adalah musuhmu.”

Dari kisah di atas, mari kita renungkan. Boleh jadi prestasi yang kita banggakan hari ini, esok justru menjadi bencana dan penyesalan.

Sebaliknya, kegagalan dan masalah yang kita rasakan sekarang boleh jadi esok menjadi faktor kesuksesan dan kebahagiaan. Kewajiban kita hanya berbuat. Hasil dan penilaian serahkan semua pada Allah SWT.

Begitulah semestinya kita menyikapi kehidupan. Akan ada masanya kita di atas dan ada masanya kita di bawah, sebagaimana roda terus berputar.

Oleh sebab itu hendaknya kita tidak terlalu merasa bangga atas apa yang kita miliki saat ini karena suatu saat barangkali akan dicabutnya. Pun, ketika gagal, tidak perlu terlalu meratapi karena mungkin besok justru akan menjadi jalan meraih keberhasilan.

Bagaimana pun, sebagai seorang hamba, kita selalu memohon dan berdoa pada Allah SWT. agar kebahagiaan yang dilimpahkan langgeng dan berkah. Aamiin Allahuma Aamiin.

Yendri Junaidi

Pengajar STIT Diniyah Putri Rahmah El Yunusiyah Padang Panjang. Pernah belajar di Al Azhar University, Cairo.

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

1 × five =