Liga Arab Desak Dunia Hentikan Kejahatan Israel kepada Palestina

 Liga Arab Desak Dunia Hentikan Kejahatan Israel kepada Palestina

Menlu Afrika Selatan: Serangan di Rafah adalah Bukti Lain Genosida Israel atas Palestina (Ilustrasi/Hidayatuna)

HIDAYATUNA.COM, Arab – Liga Arab mendesak masyarakat internasional dan Dewan Keamanan PBB untuk mengakhiri kejahatan dan kekejaman rezim Israel di Palestina. Dalam peringatan Hari Nakba (15/5/2022), Sekretariat Jenderal Liga Arab juga memperingatkan konsekuensi dari agresi rezim terhadap kompleks Masjid Al-Aqsha.

Di Hari Nakba itu pula sekitar 750.000 orang Palestina dari tanah mereka diusir pada tahun 1948. Mereka lalu melakukan penyebaran di kamp-kamp pengungsi di Tepi Barat yang diduduki, Jalur Gaza, dan negara-negara tetangga.

Pemukim Israel menyerbu Kompleks Masjid Al-Aqsa, tempat tersuci ketiga Islam, secara teratur. Meskipun faktanya menurut hukum, mereka tidak dapat melakukan tugas keagamaan di kompleks tersebut.

Ribuan warga Palestina mengadakan aksi unjuk rasa setiap tahun untuk menandai hari itu.

Liga Arab dalam pernyataannya menyebut serangan ini sebagai “pelanggaran hukum internasional”. Sekaligus menghambat upaya internasional yang berusaha untuk membangun perdamaian.

Serangan itu, lanjutnya, dapat mengobarkan api ketidakamanan dan ketidakstabilan di kawasan dan menyeret kawasan itu ke dalam kekerasan dan perang agama.

Orang-orang Palestina masih menderita akibat dari Nakba. Sekitar tujuh dekade setelah peristiwa itu, dan tanah, hak, dan kesucian mereka terancam, tambahnya.

Pernyataan itu juga menunjuk pada beberapa kejahatan rezim Zionis termasuk memaksa warga Palestina keluar dari rumah mereka. Rezim juga melakukan “eksekusi lapangan” seperti pembunuhan baru-baru ini terhadap jurnalis Palestina Shireen Abu Akleh.

Liga Arab mendesak Dewan Keamanan PBB untuk mendukung rakyat Palestina dan menerapkan resolusi PBB yang mengecam agresi dan pendudukan rezim.

“Dewan Keamanan harus segera mengambil langkah-langkah yang diperlukan yang akan memberikan tekanan pada otoritas pendudukan Israel. Untuk mengakhiri pelanggaran mereka terhadap bangsa Palestina,” ujarnya.

 

 

Sumber : IQNA

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *