Lembaga Pendidikan Perlu Terapkan Diversifikasi dan Klasterisasi untuk Kemajuan

 Lembaga Pendidikan Perlu Terapkan Diversifikasi dan Klasterisasi untuk Kemajuan

Pentingnya Penerapan Diversifikasi dan Klasterisasi (Ilustrasi/Hidayatuna)

HIDAYATUNA.COM, Jakarta –  Di tengah perkembangan tren pemasaran Islami yang semakin meningkat, tampaknya peluang ini juga harus diterapkan oleh lembaga pendidikan. Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (PTMA) salah satu lembaga pendidikan Islam, telah mengadopsi tren pemasaran Islami untuk meningkatkan kualitas dan jaringan melalui diversifikasi dan klasterisasi.

Andy Dwi Bayu Bawono, Wakil Bendahara Majelis Pendidikan Tinggi dan Litbang Muhammadiyah menyatakan pentingnya penerapan diversifikasi dan klasterisasi. Hal ini guna mendukung instrumen kemajuan institusi di bidang edukasi.

“Di PTMA kami membuat klasterisasi, dimulai dari akreditasi, masalah penelitian pengabdian. Ini kita pisahkan dan yang sudah unggul dan mandiri akan membantu kampus lain, yang menghasilkan semacam kampus binaan,” ujarnya dalam diskusi Muharram Marketing Festival 2021, Selasa (31/8/2021).

“Kita memiliki Cyber Muhammadiyah, yang kemudian kita internalisasi di Muhammadiyah Malaysia. Kami membuka sekolah Islam terpadu di Australia. Pernah juga di Mesir yang sudah dikelola sejak lama. Ini adalah bentuk diversifikasi,” tambah Andy.

Sementara itu, Mohammad Zahri, Ketua Umum Jaringan Sekolah Islam Terpadu (USIT) Indonesia menyatakan Sekolah Islam harus menerapkan beragam strategi agar tetap relevan. Seperti peningkatan kualitas, memperluas jaringan dan komunitas. Kemudian mengokohkan nilai-nilai kabangsaan, modernisasi layanan, kepedulian pada kesehatan, lingkungan, dan SDA.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *