Ledakan Lebanon Berasa Dejavu Bom Atom Hiroshima Nagasaki

 Ledakan Lebanon Berasa Dejavu Bom Atom Hiroshima Nagasaki

Ledakan Lebanon Berasa Dejavu Bom Atom Hiroshima Nagasaki


HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Meski berbeda konteks, peristiwa ledakan Lebanon tepatnya di kota Beirut, membuat sejumlah pihak merasa dejavu dengan insiden meledaknya bom atom Hiroshima Nagasaki di Jepang tujuh puluh tahun silam.

Pasalnya dampak yang dihasilkan dari ledakan ini mengerikan. Bahkan dentumannya menyerupai gempa bumi yang mampu meluluh lantahkan bangunan.

Pemilik akun Twitter @shidqiniam mengaku merasa ledakan di Baerut, Lebanon mengingatkannya pada ledakan dahsyat bom atom Hiroshima Nagasaki. Lantaran gelombang kejut seismik yang hasilkan dari ledakan tersebut.

“Video ledakan di Beirut Lebanon langsung keinget bom Hiroshima Nagasaki sama kejadian Chernobyl. Ngeri banget,” tulisnya dikutip Rabu, 5 Agustus 2020.

Hal sama juga disampaikan pemilik akun Twitter @shukery_azizan. Ia menilai letusan dahsyat di Beirut persis seperti ledakan bom atom Hiroshima Nagasaki.

“Semoga Allah memelihara, menyelamatkan dan mengampunkan saudara kita yang terkorban di Lubnan. Letupan yang dahsyat, persis letupan di Hiroshima dan Nagasaki. Innalillah wa inna ilayhi rajiÔÇÖun­čśş­čĄ▓­čĆ╗,” tulisnya.

Begitu juga dengan Gubernur Beirut, Marwan Abboud. Ia merasa ledakan besar yang terjadi di ibu kota Lebanon pada Selasa petang, 4 Agustus 2020 kemarin mengingatkannya pada peristiwa bom atom Hiroshima dan Nagasaki di Jepang saat Perang Dunia II.

“Peristiwa ini mirip dengan apa yang terjadi di Jepang, di Hiroshima dan Nagasaki. Dalam hidup saya, saya belum pernah melihat kehancuran dengan skala besar seperti ini. Ini adalah bencana nasional,” ujar Abboud.

Sebagai informasi, akibat ledakan dahsyat itu, sebanyak 70 orang tewas dan lebih dari 4.000 orang terluka akibat ledakan yang terjadi sekitar pukul 18.00 tersebut. Pihak berwenang menuturkan korban tewas dan terluka masih dapat terus bertambah menyusul evakuasi dan penyelamatan masih berlangsung.

Di media sosial Twitter, hastag #PrayForLebanon dan #PrayForBeirut menjadi tranding world wild. Banyak yang mengunggah video detik detik ledakan di Lebanon tersebut.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

10 + nineteen =