Lazismu Sragen Akan Bagikan Daging Berbentuk Rendang Kalengan

 Lazismu Sragen Akan Bagikan Daging Berbentuk Rendang Kalengan
Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM – Lembaga Amil Zakat, Infak, dan Sedekah Muhammadiyah (Lazismu) Sragen dalam pelaksanaan kurban pada Idul Adha 2020 akan membagikan daging kurban dalam bentuk berbeda. Rencanaya Lazismu Sragen akan membagikan daging kurban dalam bentuk rending yang dikemas dalam kaleng.

Layanan kurban yang diwujudkan dalam bentuk rendang itu sudah dilaksanakan Lazismu Sragen sejak 2017. Pada awalnya, program ini hanya diikuti 35 orang sehingga hanya ada 5 ekor sapi yang disembelih.

Kemudian dari tahun ke tahun peminat kurban rending kalengan ini meningkat. Tahun ini Lazismu menargetkan menghimpun dana sekitar Rp252 juta untuk membeli 12 ekor sapi kurban pada Idul Adha 2020.
Mulanya ide mengemas daging kurban menjadi rendang dalam kaleng muncul karena melihat banyak warga miskin yang tidak memiliki kulkas untuk mengawetkan daging yang kadang didapat melimpah pada momen Idul Adha.

“Pada tahun ini kami menaikkan target 25% yakni dari sembilan ekor menjadi 12 ekor sapi. Semua sapi itu disembelih pada saat Hari Raya Idul Adha dan Hari Tasyrik. Kebetulan, proses penyembelihan hewan kurban itu dilaksanakan di Probolinggo yang berdekatan dengan pabrik pengemasan daging rendang,” kata Direktur Eksekutif Lazismu Sragen, Ronny Megas Sukarno, dalam keterangannya, dikutip hidayatuna.com, Selasa (9/6/20).

Rencananya, 12 ekor sapi kurban itu akan diolah menjadi 5.040 kaleng daging rendang yang bisa tahan hingga tiga tahun.

Diwawancarai Solopos.com, Ronny mengatakan Lazizmu Sragen telah membuka layanan kurban sejak Jum’at, 5 Juni 2020 dan hingga kini jumlah orang yang berkurban terus bertambah.

“Hasilnya, sudah ada 40 orang yang mendaftar ikut berkurban. Jadi, capaiannya sudah mendekati 50% dari target 84 orang donatur,” terang Ronny.

Paket rendang yang diberi label Rendangmu itu sengaja dipilih karena bisa tahan hingga tiga tahun. Rendangmu tidak diperjualbelikan karena berasal dari daging kurban.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

17 + 15 =