Lafaz Istighfar Imam Al-Rifai Agar Selamat dari Fitnah

 Lafaz Istighfar Imam Al-Rifai Agar Selamat dari Fitnah

Inilah Keutamaan Istighfar Jika Rutin Menjadi Amalan (Ilustrasi/Hidayatuna)

HIDAYATUNA.COM – Ada satu Lafaz istighfar yang ditulis dalam kitab Al-Fuyudhat Al-Muhammadiyah ‘ala Al-Thariqah Al-Rifa’iyah. Dikutip dari Bincang Syariah, Syaikh Fawwas bin Basyar menyebutkan salah satu bentuk istighfar yang ditulis oleh Imam Ahmad Al-Rifa’i ini.

Adapun lafaz istighfar Imam al Rifai adalah sebagai berikut;

اَللٰهُمَّ أَنْتَ رَبِّىْ فَنِعْمَ الرَّبُّ وَأَنْتَ حَسْبِىْ فَنِعْمَ اْلحَسْبُ تَرْزُقُ مَنْ تَشَآءُ اَنْتَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ.اَللٰهُمَّ مَا كاَنَ مِنْكَ فَمِنْكَ وَمَا كَانَ مِنْ غَيْرِكَ فَمِنْكَ أَنْتَ، أَنْتَ وَكُـلُّ شَيْئٍ مِنْكَ أَنْتَ، قَامَتْ بِقُدْرَتِكَ اْلأَشْيَآءُ، وَبَسَطْتَ اْلأَرْضَ وَرَفَعْتَ السَّمآءَ فَلَا قَبْلَكَ شَيْئٌ وَلَا بَعْدَكَ شَيْئُ، فَأَسْأَلُكَ بِقُدْرَتِكَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ أَنْ تُسْخِرَ لِىْ وَأَنْ تَغْفِرَ لِىْ كُلَّ شَيْئٍ، وَلاَ تَسْأَلنِىْ عَنْ شَيْئٍ اِنَّكَ قَادِرٌ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ وَاَنْتَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ وَباْلِإجَابَةِ جَدِيْرٌ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ وَسَلاَمٌ عَلَى اْلـمُرْسَلِــيْنَ وَاْلحَمْدُ للهِ رَبِّ اْلعَالَـمِيْنَ

Artinya:

“Ya Allah, Engkaulah Tuhanku, sebaik-baik Tuhan. Engkaulah yang mencukupiku, sebaik-baik Dzat yang Mencukupi. Engkau memberi rizki kepada siapa saja yang Engkau kehendaki, karena Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Ya Allah, apa saja yang ada dari Engkau, maka sungguh memang dari Engkau. Dan yang tidak dari Engkau, sesungguhnya adalah dari Engkau. Engkau dan segala sesuatu adalah dari Engkau dan hanya Engkau.

Segala sesuatu sanggup ada atas kehendak-Mu. Engkau yang membentangkan bumi dan Engkaulah yang meninggikan langit, dan segala sesuatu itu ada berasal dari-Mu, maka tegaklah segala sesuatu atas kehendak-Mu.

Maka, aku memohon kepada-Mu dengan (melalui) kekuasaan-Mu di atas segala sesuatu, tundukkanlah segala sesuatu kepadaku, dan ampunilah dosa-dosaku dari segala sesuatu. Dan janganlah Engkau menuntutku atas segala sesuatu itu. Karena Engkaulah Dzat Yang Kuasa atas segala sesuatu dan Dzat Yang Kuasa atas terkabulnya permohonanku.

Semoga Allah melimpahkan rahmat atas junjungan kami, Nabi Muhammad, serta keluarga dan seluruh sahabatnya. Juga keselamatan tercurah kepara seluruh para utusan, dan segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh alam.”

Keutamaan Istigfar

Dengan memperbanyak membaca lafaz istighfar ini, atas izin Allah SWT. kita akan dilancarkan dalam hal rezeki. Selain itu dapat juga menjadi perantara untuk keselamatan dari segala fitnah dan wabah.

Hal ini disebutkan sebagai berikut;

ومن فوائده ايضا : وفي هذا الزمن كثُرت فيه الفتن والابتلائات ، فيبحث الجميع عن الأمن والأمان والخلاص من هذه الفتن والنجاة منها ، وأرشدنا الله الكريم إلى طرق النجات منها الاستغفار . ومن استغفره وتاب إليه فهو في مأمن من عذابه ، حيث قال : وَمَا كَانَ اللَّهُ لِيُعَذِّبَهُمْ وَأَنْتَ فِيهِمْ ، وَمَا كَانَ اللَّهُ مُعَذِّبَهُمْ وَهُمْ يَسْتَغْفِرُونَ

Faidahnya juga; Di zaman ini banyak fitnah dan penyakit sehingga semunya mencari aman dan selamat dari fitnah ini. Dan Allah memberikan petunjuk kepada kita mengenai jalan keselamatan, di antaranya adalah istighfar. Barangsiapa beristighfar dan bertaubat kepada Allah, maka dia selamat dari siksanya. Allah berfirman; Allah tidak mengazab mereka di waktu kamu berada di antara mereka, dan Allah tidak mengazab mereka dalam keadaan mereka beristighfar.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *