Kunci Agar Bangsa Bisa Jaya Menurut KH Hasyim Asy’ari

 Kunci Agar Bangsa Bisa Jaya Menurut KH Hasyim Asy’ari
Digiqole ad


HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Ulama besar Nusantara sekaligus pendiri NU, Hadhratussyekh KH Hasyim Asy’ari memiliki kepedulian besar terhadap bangsa dan negara Indonesia. Bahkan ia memiliki rahasia agar sebuah bangsa itu bisa maju.

Lantas apa kunci agar sebuah bangsa bisa maju menurut KH Hasyim Asy’ari? Dilansir dari NU Online, Senin (15/6/2020) dengan mengutip Muhammad Asad Syihab dalam bukunya berjudul Hadlratussyaikh Muhammad Hasyim Asy’arie: Perintis Kemerdekaan Indonesia menyebut bahwa kunci agar bangsa bisa maju adalah mewujudkan masyarakat yang cerdas.

KH Hasyim Asy’ari berpesan: “Bangsa tidak akan jaya jika warganya bodoh. Hanya dengan ilmu suatu bangsa menjadi baik,” dikutip dari halaman 18.

Sebagaimana diketahui bahwa KH Hasyim Asy’ari pulang dari Mekkah tidak membawa gelar besar yang kosong, tidak pula membawa harta dunia yang bertumpuk, namun kembali di dadanya ilmu yang bermanfaat untuk diajarkan kepada warga dan anak negerinya, memberi bimbingan dan pendidikan kepada mereka, dan menghidupi mereka dengan ruh Islam.

Dalam kiprahnya di Indonesia, KH Hasyim Asy’ari merupakan sosok ulama yang terus mendorong rakyat agar tekun belajar dan menuntut ilmu.

Muhammad Asad Syihab dalam bukunya itu menyebut Kiai Hasyim Asy’ari dengan sebutan al-‘Allamah. Dalam tradisi Timur Tengah, istilah tersebut diberikan kepada orang yang mempunyai pangkat keulamaan dan keilmuan yang tinggi.

Meskipun Kiai Hasyim Asy’ari mumpuni dalam ilmu agama, tetapi ia tidak menutup mata terhadap bangsa Indonesia yang masih dalam kondisi terjajah. Kegelisahaannya itu dituangkan dalam sebuah pertemuan di Multazam bersama para sahabat seangkatannya dari Afrika, Asia, dan juga negara-negara Arab sebelum Kiai Hasyim kembali ke Indonesia.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

two × one =