Klinik Islam di Detroit Bantu Pengobatan Gratis Warga Kurang Mampu

 Klinik Islam di Detroit Bantu Pengobatan Gratis Warga Kurang Mampu

Klinik Islam (Ilustrasi/Hidayatuna)

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir, keberadaan klinik Islam untuk pengobatan gratis banyak menjamur di kawasan Detroit, Amerika Serikat (AS). Keberadaan klinik Muslim ini dioptimalkan untuk membantu mereka yang tidak mampu membayar layanan kesehatan.

Salah satu klinik muslim gratis adalah klinik Huda. Terletak di Detroit, klinik ini menjadi salah satu contohnya bagaimana keberadaan klinik Islam ikut berkontribusi dalam membantu pelayanan kesehatan secara gratis kepada masyarakat di sana.

Klinik Huda menyediakan beberapa layanan. Antara lain perawatan medis dan psikologis bagi masyarakat.

Kiprah klinik muslim ini telah berlangsung selama hampir dua decade di di Detroit dan Hamtramck. Klinik gratis dibuka untuk pertama kalinya pada tahun 2004, di lantai atas di Masjid Pusat Muslim dan diperluas beberapa kali setelahnya.

“Istilah ‘Islam’ setelah tragedi 2001 silam kerap diidentikkan dengan terorisme dan kebencian saya akan mengatakannya secara terus terang. Islam bukanlah demikian,” kata pendiri sekaligus Direktur Eksekutif Klinik Huda, Dr. Zahid Sheikh dilansir dari Arab American News, Senin (22/3/2021).

Menurutnya stereotip miring tentang Islam pasca kasus tragedi 2001 silam membuat citra Islam memburuk.

Pendirian Klinik Huda

Nama Huda sendiri merupakan kepanjangan dari Unit Kesehatan di Davison Avenue. Pendirian klinik ini lanjut Zahid, muncul karena kebutuhan untuk memberi tahu masyarakat luas bahwa Huda ada di sana untuk melayani semua orang yang membutuhkannya.

“Setelah itu komunitas non-Muslim mulai memberi kami lebih banyak rasa hormat dan martabat, yang menyedihkan, tapi itulah kenyataannya,” ujar Zahid.

Ia menambahkan, klinik ini sekarang menyediakan perawatan primer, layanan gigi dan penglihatan, kesehatan mental dan perawatan khusus seperti kardiologi dan podiatri. Zahid bahkan memiliki apotek gratis di tempat, pendidikan kesehatan dan gizi dan banyak lagi.

Selain perawatan primer dan mental, klinik muslim juga didedikasikan untuk kebutuhan masyarakat sekitar, dan kesejahteraan tetangganya.

The Huda Urban Garden didirikan pada tahun 2014 untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pasien dan masyarakat luas.

“Kami memiliki populasi Afrika Amerika yang besar di sini,” kata Zahid.

Romandhon MK

Peminat Sejarah Pengelola @podcasttanyasejarah

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

one × 4 =