Kisah Sunan Gunung Jati yang Bertemu Nabi Khidir

 Kisah Sunan Gunung Jati yang Bertemu Nabi Khidir

Sunan Kalijaga dan Kisah Punokawan (Ilust/Hidayatuna)

HIDAYATUNA.COM – Pertemuan Sunan Gunung Jati dengan Nabi Khidir terjadi saat Sunan Gunung Jati merasa putus asa. Dalam perjalanan spiritualnya, Sunan Gunung Jati tidak kunjung bertemu Nabi Muhammad Saw.

Sunan Gunung Jati saat itu tengah mempelajari kitab yang membahas watak dan wajah Nabi Muhammad. Kitab tersebut tersimpan di perpustakaan Istana kerajaan sang ayah.

Selepas mempelajari kitab tersebut, Sunan Gunung Jati menjadi pemuda yang aneh. Keinginannya kuat untuk bertemu Nabi Muhammad Saw.

Ibu dan keluarganya sampai mengingatkan kembali bahwa Nabi Muhammad Saw telah lama wafat. Namun Sunan Gunung Jati tetap bersikeras untuk bertemu dengan Rasulullah Saw.

Keinginannya bertemu dengan Nabi Muhammad Saw. membawanya melakukan pengembaraan spiritual. Sunan Gunung Jati kemudian berkeliling dari satu tempat ke tempat lain di Timur Tengah agar bisa bertemu dengan Nabi Saw.

Perjalanan spiritualnya telah 100 hari ditempuh. Namun tak juga bertemu Nabi Muhammad Saw.

Di tengah perjalanan itulah suatu keanehan terjadi pada Sunan Gunung Jati. Ia diperlihatkan alam nyawa. Dalam alam tersebut ia diperlihatkan oleh Allah SWT. orang-orang yang meninggal di jalan Allah, syahid.

Saat ia tengah diperlihatkan alam nyawa itulah datang sosok yang gagah dan harum. Seseorang itu datang dengan menaiki Kuda Sembrani.

Kemudian ia mengenalkan dirinya sebagai Nabi Khidir yang akan mengangkat Sunan Gunung Jati sebagai Wali Kutub. Kemudian Sunan Gunung Jati memerintahkannya memakan buah dari surga.

Itulah tahapan yang harus dilalui Sunan Gunung Jati sebagai Wali Kutub, yakni memakan buah hijau dari surga. Dengan demikian, kini Sunan Gunung Jati resmi diangkat sebagai Wali Kutub.

Nabi Khidir datang memberikan dua kabar baik sekaligus. Pertama, ia mengabarkan anugerah kewalian kepada Sunana Gunung Jati. Kedua, ia juga mengabarkan bahwa keinginan Sunan Gunung Jati untuk bertemu Nabi Muhammad Saw akan segera terwujud.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

8 − 3 =