Kisah Pelaminan, Dituntun Lewat Kekuatan Istikharah

 Kisah Pelaminan, Dituntun Lewat Kekuatan Istikharah

Istikharah (Ilustasi/Hidayatuna)

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Banyak kisah pelaminan yang berujung berkah lewat jalan salat istikharah. Salah satu kisah yang menarik datang dari ulama ‘alim kelahiran Purworejo, Jawa Tengah, yaitu KH. Badawi Hanafi.

Setahun dari pendirian pondok (sekarang PP. Al-Ihya Ulumaddin) di Kesugihan-Cilacap, Kiai Badawi berpikir untuk mendapatkan seorang pendamping hidup.

Kiai Badawi meminta petunjuk pada Allah SWT melalui salat istikharah. Akhirnya Kiai Badawi mendapat petunjuk untuk menikah dengan seorang wanita shalihah yang bernama Nyai ‘Aisyah Badriyah, putri seorang Kiai yang kaya raya, yaitu KH. Abdullah Mukri dari Kebarongan.

Setelah beliau selidiki, wanita yang dimaksud tersebut ternyata sudah dilamar putra seorang Syekh dari Makkah, bahkan hari perkawinannya sudah ditetapkan. Namun beliau tetap berkeyakinan bahwa petunjuk Allah SWT. pastilah benar, tidak mungkin meleset.

“Ternyata apa yang Kiai Badawi yakini menjadi kenyataan,” tulis akun Facebook Pencinta Ulama Nusantara, dilansir Kamis (24/02).

Jadwal pernikahan yang sudah direncanakan dengan matang akhirnya tidak menjadi kenyataan. Oleh karena pada tahun itu, adiknya Nyai ‘Aisyah (Gus Syahid) meninggal dunia. Menurut adat Jawa, tidak diperbolehkan menikah pada tahun itu.

“Pihak keluarga sepakat untuk menunda pernikahan sampai tahun depan. Mendengar keputusan tersebut, calon pengantin pria yang sudah memutuskan harus menikah pada tahun itu akhirnya mencabut lamaran dan menikah dengan wanita lain,” sambungnya.

KH. Badawi Hanafi yang sangat yakin dengan kebenaran petunjuk Allah kemudian memberanikan diri untuk melamar. Apa hasilnya? Ibarat gayung bersambut, beliau yang waktu itu bermodalkan keyakinan, tidak bermodalkan harta melimpah, yang kalau dalam masalah harta bagaikan pungguk merindukan bulan, lamarannya diterima dengan suka cita.

Akhirnya pada tahun 1926 M beliau melangsungkan pernikahan dengan Nyai ‘Aisyah Badriyah.

Romandhon MK

Peminat Sejarah Pengelola @podcasttanyasejarah

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *