KH Cholil Nafis Sebut Taat Protokol Kesehatan Bagian Anjuran Agama

 KH Cholil Nafis Sebut Taat Protokol Kesehatan Bagian Anjuran Agama
Digiqole ad


HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Mentaati protokol kesehatan di era new normal menurut Ketua Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Cholil Nafis disebut sebagai bagian dari anjuran agama.

Hal ini ia ungkapkan saat diwawancara dalam program iNews Sore, pada Sabtu 30 Mei 2020 kemarin. Menurutnya disiplin kesehatan dinilai sebagia sebuah kebaikan yang harus didukung penuh.

“Membangun kedisiplinan menjalankan protokol kesehatan yang perlu dilakukan sekarang demi kebaikan kita bersama, lalu diberilah ajaran atau ilmu bahwa menjalankan protokol kesehatan itu dianjurkan oleh agama yang karena itu mendapatkan pahala dari Allah SWT,” kata Kiai Cholil Nafis dikutip Ahad (31/5/2020).

Ia mengungkapkan untuk mendisiplinkan umat agar taat protokol kesehatan tak perlu aparat sampai ikut turun. Menurutnya perilaku baru ini harus datang dari hati dan menjadi kebiasaan sehari-hari.

“Memang harus dilakukan atas dasar kesadaran diri sendiri,” jelasnya.

Oleh karenanya lanjut dia, peran Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Gugus Tugas, dan para ulama diperlukan untuk melakukan sosialisasi intens kepada masyarakat mengenai pentingnya protokol kesehatan.

“Ini kepentingan masyarakat sendiri, nah dengan cara seperti menggunakan TNI dan Polri mungkin masyarakat tidak mengerti dan tidak sadar, sehingga ketika ada polisi dia pakai masker, ketika ada TNI dia bersih-bersih, tapi ketika tidak ada mereka enggak disiplin,” jelasnya.

Kiai Cholil Nafis menambahkan apabila kesadaran sudah terbangun, maka akan dengan sendirinya tempat ibadah akan patuh menjalankan protokol kesehatan secara disiplin.

“Hal ini yang semestinya dilakukan umat Islam, dan masyarakat secara umum,” tandasnya.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

four × four =