Cancel Preloader

Keutamaan Bulan Rabiul Awal dan Amalan yang Penting Dilaksanakan

 Keutamaan Bulan Rabiul Awal dan Amalan yang Penting Dilaksanakan

Keutamaan Rabiul Awal

Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM – Tepat pada hari Minggu, 18 Oktober 2020 adalah bulan Rabiul Awal. Bagi umat Islam, bulan Rabiul Awal adalah bulan yang sangat dimuliakan dan ditunggu kehadirannya dan banyak amalan yang penting dilaksanakan.

Hal ini tentunya bukan tanpa alasan karena di bulan inilah Nabi Agung Muhammad saw dilahirkan ke dunia ini. Nabi Muhammad saw lahir pada hari Senin, 12 Rabiul Awal Tahun Gajah. Bahkan di bulan ini juga, Nabi Muhammad saw wafat. Sehingga, bulan Rabiul Awal menjadi bulan yang sangat istimewa.

Bahkan di Indonesia sendiri telah menjadi tradisi bahwa ketika bulan Rabiul Awal tiba atau yang lebih kita kenal dengan Maulid Nabi saw, memiliki perayaan yang berbeda-beda di setiap daerahnya.

Misalnya saja penyelenggaraan sekaten di Yogyakarta, tradisi Bunga Lado di Padang, lalu tradisi Maudu Lompoa di Sulawesi Selatan, dan masih banyak lagi tradisi yang rutin digelar setiap Maulid Nabi pada masing-masing daerah.

Peristiwa Penting di Rabiul Awal

Di bulan Rabiul Awal menjadi bulan bersejarah karena beberapa peristiwa penting terjadi. Diantaranya, dibangunnya masjid untuk pertama kalinya, lalu Nabi Muhammada saw yang hijrah dari Mekah ke Madinah, serta penyelenggaraan sholat Jumat yang pertama kalinya untuk wafatnya Nabi Muhammad saw.

Tidak hanya itu saja, di bulan yang mulia ini juga terdapat banyak sekali keutamaan yang sayang sekali jika tidak kita ketahui. Apa saja keutamaan tersebut?

Pertama, bulan Rabiul Awal adalah bulan yang penuh berkah. Di mana pada bulan ini biasanya umat Islam akan berkumpul di masjid maupun majelis-majelis untuk semakin meningkatkan rasa cintanya kepada Nabi Muhammad saw melalui sholawat yang dikumandangkan secara bersama-sama.

Kedua, Memperoleh rahmat dari Allah SWT. Sebagaimana Imam Syafi’i pernah mengatakan:

Barang siapa yang mengumpulkan saudara-saudara untuk memperingati Maulid Nabi, kemudian menyediakan makanan, tempat, serta berbuat kebajikan untuk mereka dan ia menjadi sebab atas dibacakannya maulid Nabi, maka Allah SWT akan membangkitkan dia bersama dengan orang yang jujur, orang-orang yang mati syahid, dan orang-orang yang sholeh. Dan dia juga akan dimasukkan ke dalam surga na’im.

Ketiga, di bulan Rabiul Awal ini merupakan bulan bagi umat Islam untuk bisa menjalankan banyak amal baik sebagaimana yang sudah dilakukan oleh Abu Lahab.

Di mana seorang Abu Lahab sudah membebaskan Suwaibah. Begitu juga dengan kita yang bisa melakukan banyak hal baik di bulan Rabiul Awal ini seperti mengaji, bersholawat, bersedekah, dan sebaginya.

Keempat, bulan Rabiul Awal menjadi bulan untuk mengumpulkan orang-orang dan akan dibangkitkan ketika hari kiamat.

Amalan yang Penting Dilaksanakan

Disamping keutamaan-keutamaan tersebut, maka kita sebagai umat Islam yang cinta akan Nabi Muhammad saw, hendaknya banyak-banyak membaca sholawat Nabi yang telah diajarkan oleh Nabi Muhammad saw.

Selain banyak membaca sholawat Nabi, jangan lupa bahwa di bulan Rabiul Awal ini juga sangat baik untuk memperbanyak sedekah. Semakin banyak kita bersedekah, maka semakin banyak pula rezeki yang akan kita dapatkan.

Lalu, di bulan mulia ini hindarilah diri dari perilaku-perilaku yang maksiat. Akan lebih baik jika kita menjalankan amalan yang nantinya akan diridhoi oleh Allah SWT. Karena tidak ada ruginya bagi kita untuk selalu berupaya dalam hal kebaikan, apalagi jika kebaikan tersebut adalah di jalan-Nya. Justru kita akan mendapat pahala dari Allah SWT.

Dan amalan yang sebaiknya Anda lakukan di bulan Rabiul Awal adalah dengan menjalankan puasa sunnah. Puasa sunnah bisa berupa puasa Senin dan Kamis maupun puasa pada tanggal 13, 14, dan 15 Hijriyah. Dengan berpuasa sunnah, maka secara otomatis Allah SWT akan melipatgandakan pahala kepada kita.

Melalui keutamaan-keutamaan di bulan Rabiul Awal, maka hal tersebut diharapkan bisa semakin memotivasi kita untuk terus mengamalkan hal-hal baik yang sudah dianjurkan di bulan ini.

Dengan menjaga amalan-amalan baik tersebut, kecintaan kita kepada Nabi Muhammad saw pun akan semakin meningkat serta kita juga bisa lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Widya Resti Oktaviana

Widya Resti Oktaviana

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

ten + thirteen =