Cancel Preloader

Ketika Cucu Rasulullah Bertemu Nabi Khidir

 Ketika Cucu Rasulullah Bertemu Nabi Khidir

Ilust/Hidayatuna

Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM – Nabi Khidir As selalu datang kepada Ali Zainul Abidin, cucu Rasulullah SAW. Abu Hamzah al-Tsamali meriwayatkannya, sebagaimana dilansir oleh Abu Nuaim dalam kitab Hilyat al-Auliya.

Dalam riwayat tersebut Abu Hamzah bercerita:

Cucu Rasulullah tersebut sempat bertemu Nabi Khidir, ketika dia sedang bersedih. Ali merasa takut karena hidup di dunia dan entah apa yang terjadi ketika sudah di akhirat nantinya.

Ali pun tiba-tida didatangi oleh Nabi Khidir dalam wujud seorang pria tampan berpakaian rapi dan indah. Lalu pria itu bertanya pada cucu Rasulullah itu perihal alasannya terlihat sedang bersedih.

“Wahai Ali ibn al-Hasan, mengapa kau terlihat sedih dan tertekan? Apakah karena dunia? Ia adalah rezeki yang ada. Dimakan oleh orang baik dan orang jahat,” tanya Nabi Khidir pada cucu Rasulullah.

Ali Menjawab, “Bukan karena dunia aku bersedih karena dunia seperti yang kau takutkan.”

“Apakah karena akhirat? Ia adalah jani yang pasti. Urusan di dalamnya ditetapkan oleh Raja Yang Maha Kuasa?” Nabi Khidir bertanya lagi pada cucu Rasulullah Saw.

“Bukan karena itu aku bersedih, karena akhirat seperti yang engkau sampaikan,” jawab sang cucu dari Rasulullah.

Saat itu Ali takut sekali akan fitnah yang berasal dari Ibnu al-Zubair. Kemudian Nabi Khidir menegaskan akan kuasa Allah yang selalu melindungi dan mengabulkan setiap permintaan hambaNya.

Tiba-tiba pria itu pergi dan menghilang. Lalu ada yang memberi tahu cucu Rasulullah, bahwa pria yang menyambanginya tadi adalah Nabi Khidir.

Redaksi

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

3 × four =