Kesulitan Ekonomi Bayang-bayangi Warga Gaza Menyambut Ramadhan

 Kesulitan Ekonomi Bayang-bayangi Warga Gaza Menyambut Ramadhan

Warga Gaza Kesulitan Ekonomi (Ilustrasi/Hidayatuna)

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Blokade yang dilakukan Israel menyebabkan kondisi ekonomi warga Palestina di Jalur Gaza sangat memprihatinkan. Hal ini yang dialami mereka dalam menyambulan Ramadhan tahun ini.

Dalih membentengi diri dari virus corona, blockade Israel ini berdampak serius terhadap warga Gaza. Lebih dari separuh penduduk di Jalur Gaza saat ini hidup di bawah garis kemiskinan.

Setidaknya hampir 50 persen dari sekitar 2,1 juta populasi di Gaza, mereka berstatus pengangguran. Data tersebut dikeluarkan langsung oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

“Tingginya tingkat pengangguran di Gaza disebabkan oleh blokade Israel di darat, laut, dan udara selama 15 tahun,” tulis laporan Anadolu Agency, Rabu (14/4/2021).

Selain itu, pandemi virus korona juga telah menyebabkan memburuknya situasi ekonomi di wilayah tersebut. Terlepas dari semua kesulitan ini, warga Palestina tetap pergi ke pasar untuk berbelanja persiapan Ramadhan.

“Kami meminta pemerintah mengambil langkah serius untuk membantu kami di masa sulit ini,” ujar seorang warga Gaza, Farooq Hashim Amar.

“Saat situasi ekonomi memburuk, wabah Covid-19 mempengaruhi berbagai bidang di Gaza. Orang-orang melakukan yang terbaik untuk membuat anak-anak mereka bahagia,” kata Amar menambahkan.

Romandhon MK

Peminat Sejarah Pengelola @podcasttanyasejarah

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

3 × 1 =