Kerendahan Hati dan Ketaatan terhadap Ajaran Islam Seorang N’Golo Kante

 Kerendahan Hati dan Ketaatan terhadap Ajaran Islam Seorang N’Golo Kante

N’Golo Kante

HIDAYATUNA.COM – Kembalinya N’golo Kante ke tim nasional Prancis untuk menghadapi kompetisi Euro 2024 di Jerman mengejutkan banyak pihak. Terlebih lagi, Kante saat ini tidak lagi memperkuat klub Eropa, melainkan bermain di Al-Ittihad, klub Liga Arab Saudi. Dikatakan bahwa dipanggilnya Kante dapat menjadi inspirasi dan penyeimbang di tim nasional Prancis.

Ya, sebagaimana yang kita ketahui bersama, N’Golo Kante adalah salah satu pesepakbola yang paling dihormati dan dicintai di dunia. Bukan hanya karena keterampilannya di lapangan, tetapi juga karena kerendahan hati dan ketaatannya terhadap ajaran Islam yang mencerminkan kepribadiannya.

Maka dari itu, cerita tentang Kante dapat memberikan pelajaran yang mendalam tentang bagaimana tetap rendah hati dan taat kepada ajaran agama meskipun mencapai puncak kesuksesan. Ia lahir pada 29 Maret 1991 di Paris, Prancis, N’Golo Kante merupakan seorang pesepakbola keturunan Mali.

Sejak kecil, Kante sudah menunjukkan bakat sepak bola yang luar biasa. Namun, perjalanan karirnya tidaklah mulus. Ia memulai karirnya di klub lokal JS Suresnes sebelum pindah ke Boulogne dan kemudian ke Caen.

Kesuksesannya mulai terlihat ketika ia bergabung dengan Leicester City pada tahun 2015 dan membantu klub tersebut memenangkan Liga Primer Inggris musim 2015-2016, sebuah pencapaian yang mengejutkan dunia sepak bola. Kemudian ketika memperkuat Chelsea, Kante mampu mempersembahkan piala Liga Champions untuk  tim London tersebut.

Salah satu ciri khas Kante adalah kerendahan hatinya yang menonjol. Terlepas dari kesuksesan besar dalam karirnya, ia tetap mempertahankan gaya hidup yang sederhana. Contohnya, setelah memenangkan Liga Primer Inggris, Kante masih mengendarai Mini Cooper lamanya, sementara rekan-rekannya beralih ke mobil-mobil mewah.

Sikap ini menunjukkan bahwa Kante tidak terpengaruh oleh kemewahan dunia dan tetap mempertahankan prinsip hidup sederhana. Kante dikenal sebagai pribadi yang tidak sombong. Di lapangan, dia bekerja tanpa henti, sering kali melakukan tugas-tugas yang kurang mendapat sorotan seperti merebut bola dan membantu pertahanan.

Di luar lapangan, dia sering menghindari sorotan media dan lebih memilih menghabiskan waktu dengan keluarga dan teman-temannya. Kerendahan hatinya inilah yang membuat Kante dicintai oleh banyak orang.

Kerendahan hati Kante tidak terlepas dari ketaatannya terhadap ajaran Islam. Sebagai seorang Muslim yang taat, Kante menjalani hidup dengan penuh disiplin dan kesederhanaan sesuai dengan prinsip-prinsip agama yang dianutnya.

Dia rajin menjalankan ibadah shalat lima waktu dan berpuasa selama bulan Ramadhan, meskipun jadwal pertandingan yang padat. Hal ini menunjukkan komitmennya untuk tetap teguh dalam beribadah meskipun di tengah kesibukan.

Ketaatan Kante terhadap ajaran Islam juga tercermin dalam sikapnya yang penuh hormat terhadap sesama. Islam mengajarkan pentingnya menghormati dan membantu orang lain, dan Kante menerapkan nilai-nilai ini dalam interaksinya dengan orang-orang di sekitarnya.

Dia dikenal sebagai sosok yang sangat ramah dan mudah bergaul dengan rekan-rekannya, staf klub, dan penggemar. Banyak cerita yang beredar tentang kebaikan hati Kante, termasuk kesediaannya untuk membantu rekan-rekannya yang sedang mengalami kesulitan.

Kante juga menunjukkan integritas dan profesionalisme yang tinggi dalam karirnya. Dia selalu berusaha memberikan yang terbaik di setiap pertandingan, tanpa mencari-cari alasan atau menyalahkan orang lain ketika hasil tidak sesuai harapan. Sikap ini membuatnya dihormati oleh rekan-rekannya, lawan, dan para penggemar.

Salah satu contoh nyata dari integritas Kante adalah ketika dia mengalami cedera. Alih-alih mengeluh atau mencari alasan, Kante selalu berusaha pulih secepat mungkin dan kembali bermain dengan semangat yang sama seperti sebelumnya. Ketekunannya dalam menghadapi berbagai tantangan menunjukkan kekuatan mental dan dedikasinya terhadap profesinya.

Ada lagi kisah  mengharukan yang menunjukkan sisi manusiawi Kante adalah ketika ia menerima undangan dari seorang penggemar Arsenal dan menghabiskan waktu di rumah penggemar tersebut. Kisah ini menjadi bukti nyata bagaimana sikap rendah hati dan kebaikan hati Kante mempengaruhi orang-orang di sekitarnya.

Kisah ini dimulai pada bulan September 2018, setelah pertandingan Chelsea melawan Cardiff City. Pada hari itu, N’Golo Kante seharusnya pulang ke rumahnya di London. Namun, karena jadwal yang padat, ia terlambat naik kereta dan akhirnya harus mencari alternatif lain untuk kembali.

Di saat itulah, seorang penggemar Arsenal, Badlur Rahman Jalil, bertemu dengan Kante di sebuah masjid di Kings Cross. Badlur, yang merupakan seorang mahasiswa dan penggemar berat Arsenal, tidak menyangka bisa bertemu dengan idola sepak bolanya di tempat tersebut.

Meskipun mendukung klub rival, Badlur memberanikan diri untuk mengajak Kante ke rumahnya. Tanpa ragu, Kante menerima undangan tersebut dan mengikuti Badlur ke rumahnya. Kisah ini kemudian menyebar luas dan menjadi viral di media sosial, membuat banyak orang terkesan dengan sikap rendah hati Kante.

Sesampainya di rumah Badlur, Kante disambut dengan sangat hangat oleh keluarga dan teman-teman Badlur. Mereka menghabiskan waktu bersama, menikmati makan malam yang sederhana, dan bermain game FIFA.

Dalam suasana yang santai dan akrab, Kante menunjukkan bahwa meskipun ia adalah seorang bintang sepak bola internasional, ia tetap seorang manusia biasa yang menikmati hal-hal sederhana dalam hidup.

Makan malam tersebut diisi dengan percakapan hangat dan tawa, menunjukkan bahwa Kante benar-benar menikmati waktunya bersama keluarga Badlur. Kante juga bersikap sangat ramah dan terbuka, berfoto bersama keluarga dan teman-teman Badlur.

Mereka saling berbagi cerita tentang kehidupannya sebagai pemain sepak bola profesional. Tidak hanya itu, Kante juga mengikuti shalat berjamaah bersama mereka, menunjukkan ketaatannya terhadap ajaran Islam.

Kisah ini dengan cepat menyebar di media sosial dan menarik perhatian banyak orang. Banyak yang memuji sikap rendah hati Kante dan kesediaannya untuk meluangkan waktu bersama penggemarnya.

Di tengah dunia sepak bola yang sering kali dipenuhi dengan glamor dan ketenaran, tindakan Kante ini memberikan contoh yang luar biasa tentang bagaimana seorang atlet terkenal dapat tetap rendah hati dan terhubung dengan para penggemarnya.

Kisah hidup N’Golo Kante memberikan banyak pelajaran berharga bagi kita semua. Pertama, kesuksesan tidak harus mengubah siapa diri kita. Meskipun telah mencapai puncak karir sepak bola, Kante tetap menunjukkan sikap rendah hati dan sederhana.

Kedua, ketaatan terhadap ajaran agama dapat menjadi panduan hidup yang kuat, memberikan kita nilai-nilai yang membantu kita tetap di jalan yang benar. Kante menunjukkan bagaimana ketaatan terhadap ajaran Islam membantunya menjalani kehidupan yang disiplin, penuh hormat, dan integritas.

Ketiga, kerja keras dan ketekunan adalah kunci untuk mencapai kesuksesan. Karir Kante tidaklah mudah dan penuh tantangan, tetapi dengan kerja keras dan ketekunan. Kante sangat mampu meraih kesuksesan besar.

Keempat, pentingnya membantu dan menghormati orang lain. Sikap ramah dan kebaikan hati Kante membuatnya dihormati oleh banyak orang, menunjukkan bahwa sikap saling menghormati dan membantu orang lain adalah nilai-nilai yang sangat penting dalam kehidupan.

Kisah N’Golo Kante adalah contoh nyata dari bagaimana seseorang dapat tetap rendah hati dan taat kepada ajaran agama meskipun berada di puncak kesuksesan duniawi. Melalui kerendahan hati, ketaatan terhadap ajaran Islam, integritas, dan profesionalisme.

Kante menunjukkan bahwa kesuksesan sejati tidak hanya diukur dari pencapaian materi, tetapi juga dari sikap dan nilai-nilai yang kita pegang teguh. Kisah hidup Kante menginspirasi kita untuk selalu berusaha menjadi pribadi yang lebih baik, bekerja keras, dan tetap berpegang pada nilai-nilai yang kita yakini.

Semua orang menyayangi Kante, tidak hanya karena dia adalah pemain sepak bola yang hebat, Kante adalah contoh tokoh besar yang luar biasa. Ia mengajarkan kita bahwa kebaikan hati, kerendahan hati, dan ketaatan terhadap ajaran agama adalah hal-hal yang membuat kita benar-benar hebat.

Tidak peduli seberapa besar kesuksesan duniawi yang kita capai. Ia tetap menjadi sosok yang ramah, membumi dan menginspirasi banyak orang. Begitulah N’golo Kante, si pemalu yang murah senyum dan salah satu gelandang terbaik yang pernah dimiliki Prancis.

Muhammad Ahsan Rasyid

Muhammad Ahsan Rasyid, magister BSA UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang juga aktif di berbagai organisasi dan kegiatan sukarelawan. Tinggal di Yogyakarta, dapat disapa melalui Email: rasyid.ahsan.ra@gmail.com.

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *