Warning: sprintf(): Too few arguments in /home/u7096914/public_html/wp-content/plugins/wp-user-avatar/includes/class-wp-user-avatar-functions.php on line 668
Cancel Preloader

Kerajaan Islam Taklukan Majapahit

 Kerajaan Islam Taklukan Majapahit

Ilustrasi/Hidayatuna

Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Sebagai salah satu imperium besar di Nusantara, Majapahit dalam sejarahnya pernah mencapai puncak kejayaan. Salah satunya ia mampu menaklukkan kerajaan Islam.

Salah satu kerajaan yang menjadi taklukkan Majapahit adalah Samudra Pasai. Hal ini dijelaskan Naili Anafah dalam bukunya berjudul “Hukum Pidana Islam di Kerajaan Demak Abad 15” dikutip Kamis, 7 Januari 2021.

“Majapahit sendiri sebenarnya pada tahun 1350 M telah memiliki bawahan raja muslim. Karena pada tahun itu, Majapahit melakukan ekspansi sampai ke Samudra Pasai. Sehingga raja Samudra Pasai yang bergelar Sultan Zain al-Abidin terpaksa mengakui kekuasaan Hayam Wuruk Majapahit,” tulis Anafah.

Ia menjelaskan bahwa Samudra Pasai sendiri merupakan kerajaan Islam di daerah Aceh Utara yang didirikan oleh raja muslim. Raja tersebut bergelar Sultan Malik al-Shaleh pada masa Prabukertanegara Singasari (1254-1309 M).

“Kecuali itu berita ma-Huan tahun 1416 yang menceritakan orang muslim yang bertempat tinggal di Gresik membuktikan. Bahwa baik di pusat Majapahit maupun di pesisir terutama di kota kota pelabuhan. Telah terjadi proses Islamisasi dan terbentuknya masyarakat muslim,” ujarnya.

Anafah menambahkan, karena kedatangan Islam ke Jawa melalui hubungan dagang. Maka yang terlebih dahulu memeluk agama Islam adalah para awak kapal (juragan dan kelasi-kelasinya).

“(dari situ) kemudian meluas sampai para kuli dan rakyat jelata yang bermukim di kota-kota pelabuhan,” jelasnya.

Romandhon MK

Peminat Sejarah Pengelola @podcasttanyasejarah

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

eleven − eight =