Kegiatan Takbir Keliling Tahun Ini Diminta Agar Tidak Digelar

 Kegiatan Takbir Keliling Tahun Ini Diminta Agar Tidak Digelar

Takbir Keliling (Ilustrasi/Hidayatuna)

Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Kegiatan takbiran keliling jelang Hari Raya Idulfitri 1442 Hijriah dihimbau agar tidak digelar oleh masyarakat. Hal ini disampaikan oleh Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Robikin Emhas.

Menurut Robikin, intinya di tengah situasi wabah virus Corona yang masih belum mereda, maka segala sesuatu yang mengundang kerumunan massa seperti takbir keliling dan sejenisnya sebaiknya untuk dihindari.

“Takbir keliling dan berbagai kegiatan yang berpotensi tak mungkin menghindarkan kerumunan sebaiknya dihindari,” kata Robikin dalam keterangan tertulisnya dikutip Rabu (21/4/2021).

Untuk itu larangan melakukan kegiatan takbir keliling oleh pemerintah, menurut Robikin sangat ia dukung penuh. Hal ini dikarena kegiatan tersebut bisa menimbulkan kerumunan massa. Tentu hal tersebut tidak baik dan bisa mempercepat penyebaran virus Corona.

“Pada prinsipnya, selama angka penyebaran Covid-19 belum terkendali dan program vaksinasi belum selesai, maka kebijakan pembatasan pergerakan orang masih perlu dilakukan,” jelasnya

Meski demikian, Robikin mengimbau agar umat Islam tetap menggelorakan syiar Islam dengan menggelar takbiran dari rumah atau masjid sekitar. Ia pun meminta protokol kesehatan pencegahan Covid-19 tetap dipatuhi untuk menggelar hal tersebut.

“Selain itu, masyarakat muslim dapat memanfaatkan sosial media dengan berbagai konten positif dan kreatif dalam merayakan Idulfitri,” kata dia.

Romandhon MK

Peminat Sejarah Pengelola @podcasttanyasejarah

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

seven + three =