Kedudukan Orang Berilmu dalam Islam

 Kedudukan Orang Berilmu dalam Islam

Kedudukan orang berilmu dalam Islam (Ilustrasi/Hidayatuna)

HIDAYATUNA.COM, Yogyakarta – Islam sangat menghargai orang yang mencari ilmu karena Allah pun akan meninggikan kedudukan orang-orang yang berilmu. Allah SWT. berfirman dalam Alquran:

“Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu, dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (Q.S. al-Mujadilah: 11)

Benar-benar mulia kedudukan orang yang berilmu dalam Islam. Bagi orang berilmu, Allah juga telah mempersiapkan surga. Hal ini sebagaimana sabda Nabi Saw: “Barang siapa menempuh suatu jalan untuk menuntut ilmu maka Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR. Muslim)

Semoga semangat mencari ilmu yang kita miliki mewarisi para Sahabat wanita di masa Nabi, sebagaimana dikutip dari lama status FB Ma’ruf Khozin dalam hadis berikut ini:

ﻋﻦ ﺃﺑﻲ ﺳﻌﻴﺪ اﻟﺨﺪﺭﻱ ﻗﺎﻟﺖ اﻟﻨﺴﺎء ﻟﻠﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ: ﻏﻠﺒﻨﺎ ﻋﻠﻴﻚ اﻟﺮﺟﺎﻝ، ﻓﺎﺟﻌﻞ ﻟﻨﺎ ﻳﻮﻣﺎ ﻣﻦ ﻧﻔﺴﻚ، ﻓﻮﻋﺪﻫﻦ ﻳﻮﻣﺎ ﻟﻘﻴﻬﻦ ﻓﻴﻪ، ﻓﻮﻋﻈﻬﻦ ﻭﺃﻣﺮﻫﻦ

Dari Abu Sa’id Al Khudri bahwa para wanita bertanya kepada Nabi shalallahu alaihi wa sallam: “Kami dikalahkan oleh laki-laki terhadapmu. Jadikanlah 1 hari anda untuk kami”, kemudian Nabi menjadikan 1 hari untuk para wanita, Nabi memberi wejangan dan perintah kepada sahabat perempuan. (HR Bukhari)

ﻭﻗﺎﻟﺖ ﻋﺎﺋﺸﺔ: «ﻧﻌﻢ النساء ﻧﺴﺎء اﻷﻧﺼﺎﺭ ﻟﻢ ﻳﻤﻨﻌﻬﻦ اﻟﺤﻴﺎء ﺃﻥ ﻳﺘﻔﻘﻬﻦ ﻓﻲ اﻟﺪﻳﻦ»

Aisyh berkata: “Sebaik-baik perempuan adalah perempuan Sahabat Ansor. Mereka tidak malu belajar Agama.” (Sahih Bukhari secara muallaq)

Begitu mulianya kedudukan orang berilmu sehingga umat Muslim pun sangat dianjurkan untuk mencari ilmu dan mengamalkannya dalam kehidupan. Dengan demikian kedudukan Anda bukan sekadar mulia di hadapan Sang pencipta, akan tetapi juga di mata sosial atau manusia lainnya. Wallahu’alam.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

18 + 5 =