Kebaikan Nabi Muhammad Kepada Non Muslim

 Kebaikan Nabi Muhammad Kepada Non Muslim

Pengakuan Astrofisikawan Yahudi-AS Sebut Muhammad Satu-satunya Manusia Tersukses (Ilustrasi/Hidayatuna)

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Nabi Muhammad SAW adalah sosok suri tauladan bagi semua umat. Ia memiliki kebaikan dan kemurahhatian yang agung. Salah satunya adalah kebaikannya kepada orang non muslim.

Imam Besar Masjid Istiqlal, KH Nasaruddin Umar menjelaskan Nabi Muhammad semasa hidup pernah menjumpai keluarga Yahudi dalam keadaan miskin parah.

Lalu Nabi menganjurkan untuk memberi shadaqah dari Baitul Mal.

Dalam hadis lain riwayat Ahmad, Nabi pernah bersabda: ‘Seandainya Ibrahim (putra Nabi yang wafat dalam usia muda) masih hidup, maka akan aku bebaskan semua orang Qibti dari pajak (jizyah)’.

Dalam kesempatan lain, Nabi juga pernah menganjurkan untuk membantu penyelesaian pembangunan gereja yang terbengkalai karena kemiskinan.

Dimana kala itu warga kristiani di sekitarnya tidak sanggup melanjutkan pembangunan tersebut.

Nabi menganjurkan untuk membantu pembangunan gereja itu dengan cara mengambilkan dana hibah, bukan dari Zakat, Waqaf, dan dari Baitul Mal.

Nabi selalu mewanti-wanti, sehebat apapun peperangan yang terjadi, rumah-rumah ibadah siapapun dan agama manapun jangan sampai di rusak.

“Sejarah juga mencatat bagaimana warga non-muslim bisa hidup tenang dan berinteraksi dengan saudara-saudaranya yang beragama Islam dalam berbagai bidang di kota suci Mekkah dan Madinah,” ungkap Nasaruddin. []

Romandhon MK

Peminat Sejarah Pengelola @podcasttanyasejarah

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *