Kata Rektor IAIN Purwokerto Soal Jihad dan Ijtihad Bagi Mahasiswa

 Kata Rektor IAIN Purwokerto Soal Jihad dan Ijtihad Bagi Mahasiswa

Rektor IAIN Purwokerto Muhammad Roqib saat memberikan amanat Rapat Senat Terbuka Peresmian Mahasiswa Baru dan Stadium General di IAIN Purwokerto (FOTO: Istimewa)

Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM, Purwokerto – Rektor IAIN Purwokerto Muhammad Roqib mengajak seluruh mahasiswa-mahasiswi IAIN Purwokerto untuk melakukan jihad mahasiswa. Jihad hari ini, kata dia, bukan memanggul senjata ke medan perang, tetapi menggerakan pena untuk mencurahkan nalar kritis melahirkan karya intelektual dalam membangun peradaban.

“Jihad hari ini bukan mati di medan perang tetapi hidup selalu di jalan Allah. Medan juang mahasiswa hari ini adalah memerangi kemiskinan, keterbelakaagan dan kebodohan,” kata Roqib saat memberikan amanat Rapat Senat Terbuka Peresmian Mahasiswa Baru dan Stadium General di IAIN Purwokerto baru-baru ini.

Alumni UIN Sunan Kalijaga ini menjelaskan bahwa ada dua istilah penting dalam Islam yaitu jihad dan ijtihad yang sangat dianjurkan.

Jihad, terangnya, merupakan salah satu bentuk perjuangan memuliakan agama melalui upaya sungguh-sungguh secara fisik.

“Sementara ijtihad adalah upaya sungguh-sungguh dengan mengarahkan daya nalar kritis dalam rangka memuliakan Islam melalui kerja intelektual,” jelasnya.

Di hadapan mahasiswa yang barus selesai mengikuti Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK), Roqib menghaarpkan mahasiswanya itu memiliki spirit man jadda wa jadda.

“Siapa yang bersugguhsunggu dia akan sukses dan kesungguhan adalah syarat mencapai kesuksesan,” pesan Rektor.

Ketua Rabitah Ma’ahidil Islam ini menuturkan kesuksesaan tidak bisa diperoleh secara instan tetapi meniscayakan kompetisi secara terbuka.

“Karenanya siapapun yang berkualitas dia akan menjadi pemenang dan mengambil peran kesejarahan, sebaliknya yang tidak berkualitas hanya akan menjadi penonton,” katanya.

Dalam rangka mempersiapkan masa depannya, Ketua MUI Banyumas ini berpesan kepada mahasiswa untuk bersungguh-sungguh dalam proses studi dan aktif dalam berorga nisasi.

Rapat Senat Terbuka dan Stadium General dihadiri lengkap anggota senat yang dipimpin Abdul Wahid, Wakil Rektor I Fauzi, Wakil Rektor II Ridwan, Wakil Rektor III Sulkhan Chakim, dosen dan civitas akademika IAIN Purwokerto.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

two × one =