Cancel Preloader

Karomah Gus Hubbi Membuat Tukang Becak Naik Haji

 Karomah Gus Hubbi Membuat Tukang Becak Naik Haji
Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM – Alkisah ada tukang becak bernama Gok Dun yang setiap harinya biasa mangkal di area pondok pesantren Tambakberas, Jombang . Suatu saat Gus Hubbi memintanya untuk jalan jalan keliling kota Jombang.

Sudah menjadi rahasia umum jika Gus Hubbi meminta sesuatu kepada seseorang maka tidak ada yang berani menolak karena khawatir kuwalat atau terkena musibah.

Saat diminta mengantar jalan-jalan itu Gok Dun tidak berani meminta untuk istirahat meski didera rasa payah yang amat sangat. Maklum Gok Dun tidak hanya diajak berkeliling kota Jombang namun malah diajak sampai ke Mojoagung, lanjut ke Mojokerto, Ploso dan kembali ke Jombang.

Entah karena terlalu lelahnya atau karena mengantuk saat memasuki dusun Dempok Jombang dan melewati pinggir sungai, tiba – tiba becak tersebut berbelok sendiri hingga masuk ke sungai.

Beruntung becak tersebut tidak tercebur, namun Gok Dun yang sudah lelah langsung tercebur. Untungnya Gok Dun bisa berenang  sehingga dengan sisa-sisa tenaga ia bisa naik ke daratan .

Sementara Gus Hubbi di saat becak hampir tercebur justru tampak masih santai duduk manis di atas becak yang nyangkut di tanggul sungai sambil merokok seakan tak terjadi apa-apa.

Konon sekitar seminggu kemudian Gok Dun yang secara ekonomi termasuk pas-pasan mendapat rejeki dari Allah melalui jalan yang tidak terduga. Ada orang yang tiba-tiba menawarinya berangkat haji .

Bahkan seluruh kebutuhan Gok Dun selama berangkat haji juga ditanggung oleh orang tersebut. Bukan hanya itu, orang tersebut juga memberi bekal yang berlebih bagi keluarga Gok Dun yang ditinggal pergi ke Tanah Suci .

Entah itu karena berkah mengantar Gus Hubbi berkeliling naik becak atau karena memang sudah nasib baik . Walllahu a’lam

Sumber : Tambakberas Menelisik Sejarah Memetik Urwah – Ditulis oleh Gus Jabbar Hubbi

Redaksi

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

fifteen − fifteen =