Karomah Gus Dur, Sering Dikunjungi Sunan Ampel

 Karomah Gus Dur, Sering Dikunjungi Sunan Ampel

Karomah Gus Dur Sering Dikunjungi Kanjeng Sunan Ampel

Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM – Nuruddin Hidayat salah satu santri Gus Dur mengaku sering mendampingi Gus Dur bersama beberapa orang dekat lainnya untuk sekadar ngobrol-ngobrol santai di malam hari.

Dalam berbagai kesempatan beberapa kali dia mengalami peristiwa aneh. Suatu malam Gus Dur meminta agar orang-orang yang sedang menemaninya keluar sementara, karena akan ada tamu.

Satu per satu mereka semua keluar. Gus Dur pun tinggal sendirian di dalam rumah. Karena penasaran Udin menanyakan ke pos jaga di depan rumah Gus Dur tentang siapa gerangan tamu yang datang. Namun, kata para penjaga, malam tersebut tak ada jadwal tamu yang akan berkunjung .

Udin juga bertanya ke Paspampres yang setia mengawal Gus Dur, namun jawaban mereka sama. Dirinya juga tidak melihat orang masuk gerbang rumah untuk menemui Gus Dur . Semuanya terlihat sunyi.

‏la terus mengamati, namun sama sekali tidak ada orang masuk rumah . Tidak ada apa pun yang berubah di kesunyian malam itu.

Namun Udin sudah menebak bahwa tamu yang mengunjungi Gus Dur malam itu bukanlah orang biasa, mungkin waliyullah, karena Gus Dur dikenal dengan dengan para wali.

Kunjungan tamu rahasia Gus Dur tersebut tidak berlangsung lama, hanya sekitar 15 menit. Karena setelahnya Gus Dur memanggil orang-orang yang sebelumnya menemaninya untuk masuk kembali ke ruangan.

Tamu Tersebut Pulang

Karena rasa penasarannya, Udin pun memberanikan diri untuk bertanya kepada Gus Dur, “Siapa Gus tamunya tadi ?

Sesepuh” jawab Gus Dur singkat.

Karena masih penasaran, Udin mencoba memancing Gus Dur agar memberi tahu siapa gerangan tamunya itu.

Apakah Sunan Ampel, Gus ?” tanya Udin .

Gus Dur pun tidak menjawab bahwa tamu malam itu adalah Kanjeng Sunan Ampel, namun beliau berkata bahwa Sunan Ampel adalah diantara walisongo yang paling sering mengunjungi beliau.

β€œSunan Ampel yang paling sering” ucap Gus Dur singkat.

Udin mengaku sering mengalami peristiwa ini tidak hanya sekali dua kali. Biasanya terjadi antara pukul 22.30-23.00 WIB .

Sumber lain mengatakan bahwa tamu rahasia yang juga sering datang ke tempat Gus Dur adalah Mbah Mutamakkin, kakek buyut Gus Dur yang makamnya ada di Kajen , Pati , Jawa Tengah.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

fourteen − eleven =