Kanada Tengah Rayakan Bulan Sejarah Islam

 Kanada Tengah Rayakan Bulan Sejarah Islam

Muslim Kanada

HIDAYATUNA.COM, Kanada – Setiap tahun Kanada selalu merayakan Bulan Sejarah Islam Kanada (Islamic History Month Canada). Kegiatan ini berlangsung selama Oktober.

Dari tahun ke tahun, perayaan Bulan Sejarah Islam di Kanada mengangkat banyak tema yang berbeda-beda. Tahun ini, mengangkat tema tentang penyembuhan dari rasisme anti-pribumi dan Islamofobia.

Menurut pihak penyelenggara disadur dari About Islam dengan melansir dari laman web resmi Islamic History Month Canada (IHMC) menjelaskan tujuang kegiatan ini untuk memberikan edukasi kepada warga negara Kanada tentang warisan dan kontribusi Muslim di negara tersebut.

“IHMC pada bulan Oktober bertujuan untuk merayakan, menginformasikan, mendidik, dan berbagi dengan sesama warga Kanada warisan dan kontribusi Muslim yang kaya kepada masyarakat,” tulis penyelenggara IHMC dikutip Selasa (5/10/2021).

IHMC percaya bahwa melalui pendidikan dan berbagi cerita positif, semua orang Kanada dapat tumbuh dan terhubung dengan cara terbaik. Dengan demikian Islamofobia secara palan-pelan akan dapat diatasi.

Dalam kegiatan ini dilakukan kegiatan sosial mulai penyembuhan bersama, mengundang masyarakat adat ke masjid, menyelenggarakan pameran seni, menyoroti artis, dan menyelenggarakan pertemuan lainnya.

Islamic History Month Canada mulai dirayakan sejak tahun 2007 silam. Dimana Mauril Belanger, MP, untuk Ottawa-Vanier memproklamirkan Islamic History Month Canada. Kota Kingston, Burnaby, dan provinsi Manitoba juga mengumumkan acara tersebut.

Kemudian, IHMC menjadi badan independen dengan Ketua baru pada tahun 2013. Anggota Dewan saat ini berasal dari Saskatoon, Regina, London, Ottawa, dan Winnipeg.

Pada tahun 2019, Walikota Toronto John Tory mencanangkan Oktober sebagai Bulan Warisan Islam, mendorong warga untuk belajar lebih banyak tentang Islam dan berpartisipasi dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh komunitas Muslim.

Romandhon MK

Peminat Sejarah Pengelola @podcasttanyasejarah

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

8 + 5 =