Kamu Harus Tahu! Ini Arti Maqom

 Kamu Harus Tahu! Ini Arti Maqom

Maqom Ibrahim

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Secara harfiah, maqom mempunyai makna tempat. Namun kaitannya dengan Maqom Ibrahim yang ada di Mekkah ialah tempat Nabi Ibrahim sebagai pijakan dalam meninggikan bangunan Ka’bah.

Dengan kata lain, Maqom Ibrahim bukanlah tempat atau kuburan Nabi Ibrahim sebagaimana dipahami di masyarakat kita (Indonesia). Letak Maqom Ibrahim berada di sebelah timur Ka’bah yang berjarak sekitar 3 meter.

Maqom Ibrahim kini dibaluti oleh semacam sangkar berwarna keemasan. Di dalamnya terdapat batu yang tidak terlalu besar yang dijadikan tempat berpijak Nabi Ibrahim. Jika diperhatikan nampak jelas ada dua telapak kaki Nabi Ibrahim.

Bangunan tersebut tidak dikeramatkan dan menjadi tanda yang biasa saja. Namun demikian pada zaman Khalifah Al-Mahadi Al-Abbasi di sekeliling Maqom Ibrahim telah diikat dengan perak dan dibuat kandang besi berbentuk sangkar burung.

Banyak orang membicarakan prihal Maqom Ibrahim ini. Dua lubang yang tardapat dalam kandang yang berbentuk sangkar tersebut beberapa kalangan menyebut sebagai bekas telapak kaki Ibrahim ketika membangun Ka’bah.

Akan tetapi menurut Utsaimin Al-Shalih, mengatakan bahwa Maqom Ibrahim tidak pernah berubah. Lubang yang ada di dalamnya tidak menunjukkan bahwa hal tersebut ialah bekas kedua telapak kaki Ibrahim.

Sebab dipastikan kalaupun ia, pasti bekas telapak kaki akan hilang ribuan tahun lampau. Adanya lobang tersebut sebagai tanda adanya Nabi Ibrahim yang berdiri di tempat tersebut. Untuk para jamaah haji disunnahkan untuk mengerjakan shalat dua rakaat di belakang Maqom Ibrahim.

Romandhon MK

Peminat Sejarah Pengelola @podcasttanyasejarah

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

4 × 5 =